Meningkat, Permintaan Air Bersih PDAM

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 09 Juli 2005
Kategori:Air Minum
WONOGIRI (KR) - Direktur Utama PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Wonogiri, Ir Sujarwadi, menyebutkan, permintaan air bersih di wilayah Wonogiri bagian selatan mulai meningkat menyusul datangnya musim kekeringan. Untuk memperpendek mata rantai agar permintaan air bersih warga tidak terlalu lama dan berbelit, order air bersih tersebut kini bisa dilayani melalui kantor kecamatan setempat sehingga tidak harus datang ke PDAM unit.

Kalau memang kecamatan merasa tidak mampu melayani karena terlalu banyak pesanan yang masuk barulah dari kecamatan minta tambahan kepada kami, ujar Sujarwadi didampingi Direktur Teknik PDAM Wonogiri, Ir Juwarso, ketika KR di pendapa rumah dinas Bupati Wonogiri, kemarin.

Menurut Dirut PDAM Wonogiri, di tiga wilayah Kabupaten Wonogiri yakni Kecamatan Pracimantoro, Giritontro dan Paranggupito masing-masing kini sudah disiapkan 1 unit armada tanki PDAM milik Pemkab Wonogiri yang diperoleh dari bantuan Menkimpraswil guna melayani permintaan konsumen.

Selain ada armada tanki Pemkab yang selalu siap di lapangan, belakangan ini juga mulai banyak armada tanki swasta atau milik perorangan asal luar daerah yang beroperasi menjual air bersih hingga pelosok desa, papar Dirut PDAM sembari menambahkan keberadaan sejumlah tanki-tanki swasta yang beroperasi di daerahnya di satu sisi dinilai bisa meringankan tugas dan beban PDAM namun di sisi lain merugikan perusda milik Pemkab Wonogiri ini lantaran pendapatan PDAM berkurang.

Para warga Pracimantoro, Wonogiri, yang ditemui secara terpisah mengakui harga air bersih PDAM di desanya memang relatif murah atau terjangkau dibanding swasta. Hanya saja, pelayanan swasta lebih cepat, karena begitu pesan tidak terlalu lama pesanan langsung dikirim ke rumah konsumen.

Tapi kalau membeli (air bersih) ke kantor camat atau PDAM unit biasanya kiriman baru datang setelah menunggu 5-7 hari kemudian, kata Suparno (46) warga Desa Joho Kecamatan Pracimantoro. Menurutnya, tarif air bersih PDAM sampai di desanya terpaut sekitar Rp 10 ribu lebih murah dibanding pengusaha air swasta. (Dsh)-d

Post Date : 09 Juli 2005