Menara Air PDAM Kembali Difungsikan

Sumber:Suara Merdeka - 06 Mei 2006
Kategori:Air Minum
BREBES - Setelah delapan tahun mangkrak, menara air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Brebes kini kembali difungsikan. Bangunan menjulang tinggi di Jalan Taman Siswa, Kota Brebes yang berdiri tahun 1998 itu, dibangun dengan dana miliaran rupiah.

Plh Direktur PDAM Brebes, Ir Djoko Gunawan MT kemarin mengatakan, menara tersebut mampu menyimpan air 750 meter kubik. Saat ini, dengan difungsikannya menara se-tinggi 27 meter tersebut, dapat membantu kelancaran air ke konsumen Kota Brebes dan sekitarnya.

Menurut dia, pemanfaatan kembali menara itu dilakukan setelah pembangunan sumur dalam di Desa Jatibarang Kidul, Kecamatan Jatibarang. Selain itu, adanya penambahan debit di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kedungtukang, Desa Buaran, Kecamatan Jatibarang.

''Dari pengoperasian sumur dalam dan penambahan debit IPA Kedungtukang, debit air secara keseluruhan bertambah, sehingga air bisa naik ke tower,'' paparnya.

Saat ini, dia menambahkan, terjadi penambahan debit air 17 liter per detik. Dengan demikian, kebutuhan air bersih untuk pasokan konsumen Kota Brebes bertambah dari semula 77 liter per detik, menjadi 94 liter per detik.

Menambah Tekanan

Fungsi utama menara, antara lain untuk menambah tekanan air dan penyimpanan air.

Sebelum air didistribusikan kepada pelanggan, terlebih dahulu ditampung di menara, kemudian digelontorkan ke pipa transmisi utama hingga sampai ke konsumen.

Disebutkan, debit yang sekarang diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan seluruh pelanggan di Kota Brebes, sehingga permasalahan aliran air PDAM teratasi.

"Biaya perbaikan menara air sampai kembali berfungsi mencapai Rp 900 juta, yang bersumber dari APBD tahun 2005,'' katanya.

Djoko mengatakan, dirinya akan segera membenahi pipa jaringan distribusi. Pasalnya, kondisi pipa selama ini banyak mengalami kerusakan.

Akibatnya, aliran air dari sumber menuju konsumen mengalami kebocoran. Kondisi itu, selain merugikan pelanggan juga membuat pendapatan PDAM mengalami kerugian yang diakibatkan hilangnya air.

"Hal ini yang masih menjadi persoalan kami, dan akan kami pecahkan demi peningkatan pelayanan".(bs-17d)

Post Date : 06 Mei 2006