Menangani Banjir, Kekeringan, dan Lingkungan

Pengarang:Agus Maryono
Penerbit:Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, xvii + 162 hal, Januari 2005
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku
Masyarakat awam mungkin tidak akan pernah tahu kapan daerahnya mengalami kebanjiran atau kekeringan. Akan tetapi, pada saat kebanjiran atau kekeringan muncul, merekalah yang akan menderita.

Sampai sekarang memang belum ada bukti yang meyakinkan bahwa sebuah konsep untuk mengatasi kebanjiran atau kekeringan bisa meniadakan sama sekali penderitaan masyarakat awam. Akan tetapi, bertolak dari pengalaman-pengalaman negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Inggris dan Jepang, ada sebuah konsep yang bisa mengurangi dampak kebanjiran atau kekeringan. Konsep tersebut integral ecohydraulics, semacam perpaduan komponen-komponen ekologi dan fisik hidraulis, serta hidraulis dan morpologi dalam mengatasi kebanjiran atau kekeringan.

Penulis buku ini menyatakan konsep integral ecohydraulics selama ini hanya diketahui oleh kalangan akademisi saja. Bertolak dari keinginannya agar konsep itu bisa lebih memasyarakat lagi, maka dia menulis buku ini. Bahasa dalam buku ini sangat mudah dicerna karena sebagian isi buku pernah dimuat dalam bentuk artikel di harian Kompas.

Daftar isi:
Kata Pengantar
Ucapan Terima Kasih
Sambutan
Daftar isi
Daftar Gambar
BAB I. Konsep Penanganan Banjir dan Kekeringan
BAB II. Konsep Eko-Hidraulik
BAB III. Konsep Pengelolaan sungai
BAB IV. Konsep Pengelolaan Telaga, Danau dan Pulau
BAB VI. Masalah Sumber Daya Air dan Sosial
Referensi
Indeks Subyek



Post Date : 15 Juni 2007