Menanam Sebelum Kiamat: Islam, Ekologi, dan Gerakan Lingkungan Hidup

Pengarang:Fachruddin M. Mangunjaya, dkk (Ed)
Penerbit:Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, Agustus 2007, xxxii + 309 hal
No. Klasifikasi:363.7. 2971 MAN m
Kata Kunci:lingkungan, Islam, ekologi, esai
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku
Persoalan lingkungan, merupakan masalah global yang memerlukan perhatian semua pihak. Oleh karena itu, isu dan problema lingkungan tidak mungkin teratasi tanpa adanya pendekatan strategis bervisi global-holistik di tingkat pengambil kebijakan dan tersedianya solusi-solusi lokal pada tataran pelaksanaan praktis. Pencerahan pandangan yang ’membaca’ isu-isu praktis lingkungan akan menjadi jembatan andai saja kita sanggup memberikan penjabaran-penjabaran yang luas tentang posisi diri dan fungsi diri manusia yang berkehendak untuk mengambil sikap dan perlakuan terhadap alam dan lingkungannya.

Islam merupakan agama satu miliar lebih manusia di bumi, atau lebih dari seperenam penduduk dunia sekarang ini, dan tetap dipeluk dan diamalkan ajarannya oleh hampir di setiap negara yang mempunyai penduduk muslim. Dunia Islam, yang juga ditimpa oleh persoalan-permasalahan lingkungan di tengah kompetisi globalisasi dunia dan pembangunan ekonomi setelah lama terjajah oleh kolonialisme Barat, mencoba mulai bangkit dan menemukan kembali identitas mereka. Dunia Islam diharapkan dapat memberikan kontribusi, membangun dunia dan peradaban kemanusiaan termasuk menggali kembali khasanah landasan etika dan praktis ajaran Islam dalam menghadapi problematika lingkungan yang mengancam bumi kita ini.

Tulisan yang ada dalam buku Menanam Sebelum Kiamat (MSK) ini merupakan kompilasi dari beberapa kajian terseleksi dan komprehensif tentang Islam dan ekologi, studi refleksif filsafat lingkungan, dan rentetan praktis pengalaman aktivitas gerakan lingkungan.

Daftar isi:

Ucapan Terima Kasih
Sambutan Dr. Jatna Supriatna
Sambutan Dr. Sayyed Mohsen Miri
Pengantar Prof. Dr. Emil Salim
Pendahuluan, Fachruddin M. Mangunjaya dan Husain Heriyanto
Bagian Satu. Islam, Manusia dan Alam
Bagian Dua. Realitas dan Potensi: Isu Lingkungan Di Dunia Islam
Bagian Tiga. Dasar-Dasar Hukum Lingkungan Islami
Bagian Empat. Praktek-Praktek Gerakan Lingkungan
Catatan
Indeks
Tentang Para Penulis


Post Date : 08 Januari 2008