Memurnikan Air Dengan Reverse Osmosis

Sumber:Tabloid Rumah - 09 Desember 2008
Kategori:Air Minum

Alat ini mampu menyediakan air murni yang siap minum. Apa saja kelebihannya? Mudahkah merawatnya?

Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya alam. Air sebagai salah satu sumber daya alam pun melimpah ruah di mana-mana. Tapi, tak jarang air yang kemudian dikonsumsi oleh masyarakat mengandung banyak molekul yang merugikan.

Umumnya, air yang dikonsumsi oleh masyarakat berasal dari air ledeng, atau air tanah yang diambil melalui sumur atau pompa air. Untuk diminum, air tersebut kemudian harus dimasak sampai mendidih. Meski demikian, air tersebut belum tentu bersih dari bakteri dan ion-ion yang merugikan.

Salah satu cara untuk memurnikan air agar aman diminum tanpa ada bakteri dan juga ion-ion yang merugikan adalah dengan menggunakan proses Reverse Osmosis (R/O). Proses R/O adalah proses penyaringan air melalui membran tipis semi-permeable yang biasa disebut sebagai filter, agar kemudian didapatkan air murni tanpa tercampur material-material lainnya. Biasanya, proses ini menggunakan pompa khusus untuk "memaksa" air agar mau melewati filter tersebut.

Banyak Variannya

Di pasaran kini, tersedia produk-produk yang menggunakan sistem R/O dengan fungsi utamanya adalah memurnikan air. Di antaranya adalah, produk-produk R/O dari Advance yang . memiliki 3 varian. Meski fungsinya sama, akan tetapi setiap varian memiliki keunggulan masing-masing.

Varian tersebut, antara lain sebagai berikut.

1. Neo-Pac

Kelebihan dari varian ini adalah, ukurannya yang kecil sehingga mudah ditempatkan di mana saja. Akan tetapi, tidak memiliki pengatur suhu. Sehingga air yang dihasilkan hanya bersuhu normal, 26° C-28° C. Kapasitas tangki air varian ini mencapai 6,5 liter.

2. Nurisu

Varian ini memiliki kelebihan berupa pengaturan suhu dari air yang dihasilkan melalui proses R/O. Kita dapat memilih air panas, ataupun air dingin untuk dikonsumsi. Kapasitas tangkinya mencapai 10,2 liter.

3. Metro

Varian terakhir ini, berukuran lebih besar dari kedua varian sebelumnya. Kapasitas tangki mencapai 22,4 liter, dan menggunakan UV lamp yang berfungsi untuk mencegah kontaminasi dari mikroorganisme di dalam tangki.

Harga dari ketiga varian ini pun bervariasi, mulai dari 8 juta hingga 14 juta. Harga itu tentunya sebanding dengan kebaikan yang bisa kita raih dengan mengonsumsi air murni yang menyehatkan. 4)

Disaring Berkali-kali

Untuk mendapatkan air yang murni, maka air yang masuk ke alat Reverse Osmosis ini mengalami beberapa kali penyaringan. Hal tersebut mungkin terjadi karena terdapat beberapa filter yang berjumlah 4 buah dengan spesifikasi berbeda-beda.

1. Filter Sedimen, yang berfungsi untuk menyaring kotoran dalam air yang dihasilkan dari endapan/polutan yang berasal dari saluran air. Misalnya saja karat yang dapat mengganggu proses penyaringan berikutnya.

2. Filter Pre-Carbon, yang berfungsi menyerap sekaligus menghilangkan sisa klorin dan bahan kimia organik yang terdapat di dalam air.

3. Filter Reverse Osmosis atau Filter Membran, yang berfungsi untuk menyaring mikroorganisme, virus, logam berat, bahan-bahan anorganik, serta polutan radioaktif. Hal tersebut dapat dilakukan, karena filter ini memiliki ketebalan 0,0001 mikron yang memiliki pori-pori sangat halus. Filter ini paling penting dalam proses R/O karena merupakan filter yang memisahkan air murni dengan polutan.

4. FilterPost-Carbon, yang berfungsi menghilangkan bau tak sedap dan mencegah perkembangan mikroorganisme pada air minum.

Selain keempat filter yang menjadi penyaring utama, juga terdapat satu filter yang langsung tersambung dengan saluran air. masuk, yaitu filter High Turbidity. Filter ini terbuat dari Stainless Steel yang berfungsi untuk menghilangkan . kotoran dan partikel-partikel yang besar dan berasal dari saluran air ledeng, ataupun air tanah. Ukuran serat dalam filter ini adalah 5 mikron.

Perawatan Berkala

Untuk mendapatkan hasil air murni yang maksimal, maka filter-filter yang digunakan harus dirawat secara berkala. Perawatan dapat berupa pengecekan filter, pembersihan filter, hingga penggantian filter.

Jenis Filter Perawatan Berkala

Filter High Turbidity 3-6 bulan

Filter Sedimen 3-6 bulan

Filter Pre-Carbon 6-12 bulan

Filter Membran 6-18 bulan

Filter Post-Carbon 6-18 bulan

Tabel 3. Perawatan Berkala Untuk Filter



Post Date : 09 Desember 2008