Membuat Arang Briket: Memanfaatkan limbah pembukaan dan pembersihan lahan sebagai upaya dan mencegah kebakaran hutan dan lahan

Penerbit:Sumatera Selatan, South Sumatera Forest Fire Management Project, 12 hal
No. Klasifikasi:363.728 SOU m
Kata Kunci:petunjuk, pembuatan arang briket
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Petunjuk

Hampir setiap tahun, pada saat musim kemarau sering terjadi pembakaran untuk pembersihan lahan dan pembukaan lahan untuk mempersiapkan penanaman baru. Pembakaran yang dilakukan secara serentak pada puncak musim kemarau, menyebabkan jumlah titik api menjadi sangat banyak, serta menghasilkan asap yang sangat tebal. Dan ini tidak saja terjadi di wilayah pembakaran, tetapi tersebar ke daerah lain bahkan hingga ke negara tetangga.
 
Untuk mengurangi asap dan mencegah kebakaran, limbah pembersihan lahan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan arang briket. Buku ini merupakan panduan sederhana bagaimana bahan-bahan yang biasa dibuang atau dibakar dapat dimanfaatkan untuk membuat arang briket, untuk mengupayakan pengurangan pembakaran dalam pembersihan lahan.
 
Buku ini ditulis ulang berdasarkan hasil ”Studi Integrasi Pengetahuan Saintifik dengan Pengetahuan Tradisional dalam Pembersihan Lahan“.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Penyiapan Bahan
Jobongan
Pengisian Jobongan
Proses Pembakaran
Pembuatan Serbuk Arang
Penyaringan
Bahan Perekat dan Pencetakan
Penjemuran dan Pengemasan
 



Post Date : 19 Juni 2008