Memanfaatkan Potensi Ekonomi Sampah di TPS

Sumber:Kompas - 28 Juli 2006
Kategori:Sampah Jakarta
Jakarta, kompas - Upaya untuk mengurangi pembuangan sampah ke tempat pembuangan akhir sampah dengan memanfaatkan potensi ekonomi sampah mulai dilakukan banyak pihak di wilayah Jakarta. Selain berdampak positif terhadap lingkungan hidup, upaya ini juga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Salah satu upaya mengurangi pembuangan sampah ke TPA terlihat di tempat pembuangan sementara sampah (TPS) warga Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (27/7). Tumpukan sampah dalam kontainer tidak semuanya diangkut untuk dibuang ke TPA Bantar Gebang.

TPS yang dijadikan zero waste oleh Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur ini menjadi tempat pengolahan kompos. Sampah- sampah organik diubah oleh enam pekerja menjadi kompos yang dihargai Rp 1.500 per kilogram. "Tidak semua sampah organik bisa diolah karena alat-alatnya terbatas," kata Jali (27), salah seorang pekerja.

Sementara itu di luar area tempat pembuatan kompos, empat pria mengambil sampah anorganik seperti kertas, plastik, botol kaca, serta botol atau gelas minuman air mineral.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Rama Boedi mengatakan produksi sampah di Jakarta bisa dikurangi dengan keterlibatan masyarakat, termasuk memanfaatkan nilai ekonomi dari sampah. (ELN)

Post Date : 28 Juli 2006