Memanen Sampah

Pengarang:Basriyanta
Penerbit:Yogyakarta, Penerbit Kanisius, 2007, 100 hal
No. Klasifikasi:363.728 BAS m
Kata Kunci:sampah – manajemen, kompos
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku

”Sampah adalah masalah“ itulah ungkapan yang sangat sering kita dengar. Namun pernahkah kita dengar  ungkapan bahwa ampah adalah berkah“ Bahkan darinya bisa dihasilkan kompos, briket bioarang, biogas, cinderamata, yang semuanya itu berdaya jual
 
Dalam buku ”Memanen Sampah“ ini anda akan menemukan mengapa sampah  bisa menjadi berkah. Buku ini dapat bermanfaat bagi siapa saja, yang ingin belajar mengimplementasikan pengelolaan sampah secara nyata, setidaknya di lingkungannya masing-masing.
 
Alur tulisan mengalir dalam lima bagian, mulai dari wacana, realitas, tantangan dan permasalahan, solusi pemecahan masalah, dan harapan masa depan. Bagian pertama dimulai dari wacana dan pandangan tentang problematika sampah dan dampak yang ditimbulkan apabila sampah dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan yang benar. Bagiamn kedua menampilkan karakteristik sampah dan jenis-jenisnya serta upaya meminimalisasi jumlah sampah dari sumbernya serta optimalisasi potensi sampah bagi kehidupan manusia dan lingkungannya. Bagian ketiga mengupas tentang manajemen memanen sampah dengan model swakelola sampah secara mandiri, produktif, integratif, berwawasan lingkungan serta berbasis masyarakat. Bagian keempat, merupakan contoh upaya nyata memanen sampah. Dalam bab ini akan dibahas mengenai solusi praktis memanen sampah dengan mengimplementasikan kearifan potensi lokal. Pembaca diajak belajar berdasarkan pengalaman nyata dari Kampung Sukunan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bagian terakhir merupakan sebuah renungan bagi kita yang berkenaan dengan sampah, agar mau menyayangi dan memperlakukan sampah dengan baik.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi
Pendahuluan

Bagian 1. Problematika Sampah
A. Ada Apa dengan Sampah
B. Sampah Rumah Tangga
C. Sampah Non-Rumah Tangga

Bagian 2. Mengenal Sampah
A. Pengertian Sampah
B. Macam-macam Sampah
C. Keberadaan Sampah Saat Ini
D. Optimasi Potensi Sampah
E. Tips Mengurangi/Mengendalikan Jumlah Sampah

Bagian 3. Manajemen Memanen Sampah
A. Swakelola Sampah
B. Prosedur Pelaksanaan Swakelola Sampah
C. Pemantauan dan Refleksi

Bagian 4. Solusi Praktis
A. Membaca Kearifan Lokal
B. Belajar dari Sukunan
C. Hasil Panenan Sampah

Bagian 5. Kata Akhir
A. Untuk Kita Renungkan...
B. Sebuah Harapan

Daftar Pustaka
Lampiran
 



Post Date : 24 September 2008