Memacu Semangat Warga untuk Cinta Lingkungan

Sumber:Harian Fajar - 04 Desember 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

MAKASSAR -- Usaha warga di lokasi Kecamatan Wajo, yakni Kelurahan Malimongan dan Malimongan Tua dalam program Bank Sampah Makassar Green and Clean (MGC) patut diacungkan jempol. Pasalnya, meski kelurahan ini berada di wilayah pertokoan, warga tetap memperhatikan kebersihan dan penghijauan lingkungannya.Seperti di Kelurahan Malimongan Tua, beberapa wilayah yang dikunjungi tim MGC sudah terlihat bersih dan hijau. Di wilayah ini, menurut Lurah Malimongan Tua, Andi Emil, pengelolaan sampahnya, bahkan sudah lengkap.

"Sejak adanya MGC beberapa bulan lalu, warga kami sudah melakukan pengolahan sampah organik dengan sistem keranjang sakti atau takakura," katanya.

Emil menambahkan, selain itu warga sudah melakukan daur ulang sampah dan sudah melakukan pemilahan sampah organik dengan cara Bank Sampah. "Bantuan dana tentang program Bank Sampah telah terealisasi di tiap RT yang ada di wilayah RW yang masuk program Bank Sampah di Kelurahan Malimongan Tua," katanya.

Selain melihat langsung Bank Sampah, tim MGC yang dipimpin Project Officer, Saharuddin Ridwan juga menyerahkan pohon gelodokan tiang dan lubang resapan biopori dan bibit pohon di Kelurahan Malimongan yang disambut Lurah Malimongan, Waode Lili.

Tim MGC salut atas hasil yang ditunjukkan kelurahan tersebut. Pasalnya, sebelum adanya program MGC, kelurahan ini sangat tidak memenuhi syarat untuk mengikuti lomba kebersihan. Namun, setelah adanya MGC, wilayah ini berubah total.

"Sebenarnya, perubahan ini tak lepas dari peranan ibu lurah kami yang getol terjun langsung ke lapangan memberikan motivasi kepada warga. Tak jarang ibu lurah, bahkan pulang tengah malam hanya untuk melihat kegiatan warga," ungkap Usra, fasilitator kelurahan.

Menurut Waode Lili, dirinya sengaja turun ke warga hanya untuk memberikan motivasi. "Saya kadang-kadang marahi warga jika tidak membersihkan halaman rumahnya.

Saya berani tidak menandatangani surat-surat warga jika yang bersangkutan tidak memenuhi kewajibannya sebagai warga, termasuk membantu terlaksananya kebersihan di wilayah sendiri," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Lurah Malimongan bersama warga melakukan penanaman pohon dan biopori di sepanjang jalan di kawasan itu. Warga pun bergegas terjun langsung saat melihat lurahnya ikut kegiatan tersebut. (m09)



Post Date : 04 Desember 2008