Medan Dilanda Banjir

Sumber:Suara Pembaruan - 26 November 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
[MEDAN] Sungai Deli dan Sungai Babura meluap, mengakibatkan ribuan rumah penduduk di Medan, Sumatera Utara (Sumut), terendam. Luapan air sungai tersebut terjadi akibat hujan yang mengguyur Kota Medan, selama ti- ga jam, terhitung sejak Sabtu (24/11) malam hingga Minggu (25/11) dini hari.

Rumah penduduk itu meliputi tujuh kecamatan yakni, Kecamatan Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Marelan, Labuhan Deli, Medan Belawan, Medan Marelan dan Kecamatan Percut Seituan. Namun kejadian tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa. Sementara kerugian warga ditotal mencapai puluhan juta rupiah. Kerugian itu akibat barang elektronik yang rusak akibat terendam air.

Banjir tersebut sempat membuat masyarakat panik, terutama bagi warga yang tinggal di pinggiran daerah aliran sungai (DAS) di Kecamatan Medan Maimun, kedalaman air diperkirakan lebih dari satu meter. Masyarakat di sana sempat mengungsi karena merasa yakin air akan semakin bertambah tinggi.

"Ini sudah menjadi tradisi, hujan yang memakan waktu lebih dari dua jam akan membuat daerah ini banjir," ujar Sayuti (42), warga Medan Maimun.

Sore harinya, masyarakat sudah kembali lagi ke rumah mereka. Air yang sempat merendam permukiman mereka sudah mulai surut. Kendati demikian, mereka masih mengkhawatirkan banjir akan terjadi lagi. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi dan Geofisika, curah hujan masih tinggi. [AHS/M-11]



Post Date : 26 November 2007