MCK Pengungsi Merapi Belum Mencukupi

Sumber:Oke Zone - 27 Oktober 2010
Kategori:Sanitasi

JAKARTA- Sehari pasca letusan Gunung Merapi lebih dari 13 ribu jiwa sudah diungsikan. Sayangnya di pengungsian tak tersedia fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) yang memadai.

Menurut Kepala Bidang Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nelis Zuliasri, Dinas Pekerjaan Umum Pemda Yogyakarta masih berusaha untuk mencukupi pasilitas MCK pengungsi.

"Sebenarnya sarana dan prasarana sudah disiapkan sebelum Merapi meletus, tapi jumlah pengungsi semakin banyak," katanya di kantor BNPB, Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2010).

Saat ini, lanjutya, prioritas penangan korban bencana jangan sampai terkena penyakit dan kelaparan. Upaya tersebut dilakukan dengan terus memberikan masker, makanan, dan logistik lainnya kepada pengungsi. "Semua pengungsi harus memakai masker tanpa terkecuali, karena debu akibat letusan sangat berbahaya," jelasnya.

Tak hanya masker, hari ini lanjutnya diharapkan ketersedian makanan dan tenda sudah mencukupi. "Tadi pagi stok makanan, obat dan makanan sudah bertambah bantuan dari PMI, Dinas Kesehatan, dan warga Yogyakarta," pungkasnya.(ful)



Post Date : 27 Oktober 2010