Masyarakat Pa'jukukang Segera Nikmati Air Bersih

Sumber:Fajar Pos - 14 Desember 2009
Kategori:Air Minum

BANTAENG -- Setelah lama menunggu, masyarakat Kecamatan Pa'jukukang segera mendapatkan air bersih setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) segera menyuplai air bersih ke daerah itu, bulan ini. Pembangunan instalasinya di Desa Barua, Kecamatan Ere Merasa sudah hampir rampung.

Direktur PDAM Bantaeng, Abd Azis yang dikonfirmasi terkait finalisasi pembangunan IPA tersebut, Minggu 13 Desember menuturkan, pembangunan instalasi ke Pa'jukukang sudah memasuki tahap penyelesaian akhir. Pembangunan fasilitas air bersih itu memang dimulai sejak 12 Oktober 2009 lalu.

"Pembangunannya sudah menghampiri 100 persen," ujarnya. Selanjutnya pemasangan instalasi pipa ke Pa'jukukang menurut Azis, juga telah dirampungkan. Kini sisa pemasangan pipa tersier dan instalasi pipa ke rumah penduduk. "Jelasnya bulan ini, air sudah bisa kita alirkan ke Pa'jukukang," janjinya.

IPA yang mengambil sumber air di daerah Campaga tersebut memiliki kapasitas 20 liter/detik. Proyek menghabiskan anggaran Rp 12 miliar itu diyakini Azis bisa menyuplai air seluruh kawasan Pa'jukukang. Bahkan untuk menjangkau masyarakat kecamatan tersebut lanjutnya, PDAM menarik pipa sepanjang 13 kilometer melewati Desa Campaga, Barua, Tanaloe, Lumpangan, Gantarangkeke, Nipa-nipa, dan Borongloe.

Kapasitasnya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar air 2.000 hingga 5.000 pelanggan termasuk industri di kawasan tersebut. Sebelumnya, Sabtu 12 Desember, Bupati Bantaeng, HM Nurdin Abdullah meninjau langsung pembangunan IPA tersebut guna memastikan kondisi terkahir proyek dimaksud. (man)



Post Date : 14 Desember 2009