Manfaatkan Sampah Jadi Sandal

Sumber:Indopos - 23 Mei 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

SLEMAN - Ratusan warga Ngemplak, Caban, Tridadi, Sleman memadati arena pameran produk olahan sampah di depan Masjid Alhidayah. Pameran untuk membangkitkan kesadaran mengolah sampah menyongsong kebangkitan nasioal ini adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) UGM.

Karena yang dipamerkan produk dari olahan sampah, membuat warga tertarik dan antusias melihat langsung ke lokasi pameran yang digelar hari Selasa lalu. Terlebih barang-barang yang dipamerkan merupakan produksi warga setempat yang sudah dilatih membuat kerajian dari bahan baku sampah.

Ketua Panitia Cahyo Tri Broto menjelaskan, produk yang dipamerkan berupa hasil kerajinan dari bahan baku sampah seperti sisa kain, kertas dan plastik. "Produknya yang dihadilkan berupa sandal, celemek, kotak tisu dan produk lain yang semuanya berbahan baku sampah," kata Cahyo.

Semua produk dibuat sendiri oleh masyarakat Padukuhan Ngemplak. Kata Cahyo, sebelum kegiatan itu dilaksanakan KKN PPM UGM lebih dulu dilakukan sosialisasi pentingnya mengolah sampah. Baru kemudian dilakukan pelatihan kerajinan sampai akhirnya bagaimana pemasaran produk-produk itu. (lin)



Post Date : 23 Mei 2008