Malang Dilanda Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 27 Desember 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
MALANG- Hujan deras disertai angin yang turun selama dua hari, Minggu dan Senin kemarin, membuat sejumlah kawasan di Malang Raya maupun Probolinggo tergenang air dengan ketinggian hingga satu meter. Masih ditambah lagi dengan tumbangnya beberapa pohon.

Di Malang, showroom mobil Hyundai dan pos satpamnya tertimpa pohon besar hingga mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit. Di Jalan Urip Sumoharjo yang merupakan daerah perumahan militer, juga sempat tergenang air. Beberapa warga terpaksa membuat tanggul di depan rumah dengan karung berisi pasir agar genangan tidak meluap ke rumah. Juga genangan air di jalan itu membuat arus lalu lintas merambat. Bahkan, ada pula yang mogok.

Di Perumahan Sawojajar II, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, ketinggian air di jalan sampai sekitar satu meter disebabkan banyaknya gorong-gorong yang tak mampu menampung air. Selain itu juga terjadi penyempitan akibat bangunan dan ada pula yang tersumbat sampah.

Di Malang tiga pohon besar tumbang di dekat pabrik gula Kebonagung menimpa tiang kabel listrik tegangan tinggi. Akibatnya 9 titik jaringan PLN rusak yang berimbas padamnya listrik di daerah Pakisaji.

Penjelasan Dinas Pertamanan menyebutkan,di sepanjang Jl Raya Kebonagung saat ini masih banyak pohon tua yang kondisinya juga sangat memprihatinkan dan perlu segera ditebang.

Dari Pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), musim hujan yang melanda Malang Raya sejak awal Desember 2005 ini curah hujan sekitar 10-20 mm dan akan tetap tinggi hingga beberapa hari mendatang.

Petugas BMG, Heri Kusnanto mengatakan meski curah hujan tinggi namun belum membahayakan bagi wilayah Malang. "Kota Malang masih aman dari banjir bandang mesti curah hujan mencapai titik tertinggi." (jo-14)

Post Date : 27 Desember 2005