Majalaya-Cicalengka Mulai Tergenang Air

Sumber:Pikiran Rakyat - 07 Desember 2006
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-Hujan deras sejak pukul 13.00 WIB hingga menjelang petang, Rabu (6/ 12), di Kab. Bandung bagian timur dan selatan mengakibatkan sejumlah areal persawahan, jalan dan tanah lapang tergenang air.

Berdasarkan pantauan "PR", hujan deras mengakibatkan ruas Jalan Raya Majalaya-Cicalengka tergenang air di sejumlah titik. Bahkan lapangan sepak bola di Kp. Elos, Desa Cijagra, Kec. Majalaya, tergenang air hingga setinggi lutut orang dewasa akibat luapan air dari sawah, dan meluapnya air dari irigasi Cijagra.

Salah seorang warga Kp. Pongporang, Desa Bojong, Kec. Majalaya, Ahmadin (65), mengakui, tingginya curah hujan menyebabkan air dari areal persawahan meluap hingga ke jalan-jalan.

"Apalagi, kondisi sejumlah irigasi dan salurannya saat ini banyak yang rusak dan belum diperbaiki," ujar Yayan (51) warga Kp. Tarikkolot, Desa Mekarpawitan, Kec. Paseh.

Kondisi irigasi Ciranjeng, Pongporang, Pamuncatan dan sejumlah pintu irigasi serta saluran irigasi lain di daerah Kec. Majalaya dan sekitarnya masih belum diperbaiki. Akibatnya, air irigasi meluap ke tanah persawahan, jalan serta tanah lapangan, seperti yang terjadi di Kp. Gunungleutik dan Cigorowong, Desa Bojong, Kec. Majalaya.

Ketua DPRD Kab. Bandung H. Agus Yasmin, mengatakan, failitas irigasi di Kab. Bandung yang rusak mencapai 60% lebih. Sementara anggaran perbaikan yang tersedia sekira Rp 15 miliar, hanya cukup untuk memperbaiki sekira 10 % irigasi yang rusak.

Rusaknya irigasi, diakui Agus, akan berdampak cukup besar terhadap sektor produksi, dan sosial karena masih ada warga yang menggunakan air irigasi untuk keperluan rumah tangga. (A-87)



Post Date : 07 Desember 2006