Majalah Percik - Edisi Maret 2008 Hari Air Dunia 2008"

Pengarang:Redaksi Majalah Percik
Penerbit:Jakarta, Pokja AMPL, 54 hal, Maret 2008
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:011.34 PER h
Kata Kunci:majalah, AMPL, Hari Air Dunia 2008
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Majalah


 Air dan sanitasi. Dua hal yang saling berkait. Kekurangan terhadap akses air bersih bisa dipastikan mempengaruhi kondisi sanitasi. Pun sebaliknya. Kondisi sanitasi yang buruk akan mempengaruhi kebutuhan air bersih. Kekurangan terhadap akses air bersih dan ketersediaan sarana sanitasi yang baik, sudah kerap menjadi bahan penelitian berbagai pihak, pembicaraan di berbagai diskusi dan seminar. Namun langkah ini tampaknya masih sangat panjang.

Setiap tahun, sejak 16 tahun silam, setiap 22 Maret penduduk dunia memperingati Hari Air Dunia (HAD). Seiring pencanangan Tahun Sanitasi Internasional/International International Year of Sanitation (TSI/IYS) 2008, HAD tahun ini pun mengusung tema ”Sanitasi”. Tampaknya, masalah air bersih dan sanitasi merupakan masalah yang menarik untuk dibicarakan, namun tidak segera terselesaikan.

Di edisi pertama tahun 2008, Maret 2008 ini Percik tampil dengan mengusung bahasan Hari Air Dunia 2008.
 
Pada edisi ini dibahas peran serta pemerintah dalam pembangunan sanitasi di Indonesia, khususnya sanitasi bagi kota besar di Indonesia. Pembahasan mengenai pembangunan sanitasi ini terdapat dalam rubrik program berupa proyek investasi dalam sektor sanitasi lingkungan dengan pendanaan dari ADB dan sumber lainnya.
 
Pada rubrik “Wawancara” menghadirkan Duta Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Nugie, yang sekaligus seorang penyanyi yang selama ini dinilai konsisten dengan lagu-lagu bertema lingkungan, akan berbicara masalah sanitasi.
 
“Rubrik Tamu Kita” kali ini menghadirkan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya yang berhasil membuat ibukota Provinsi Jawa Timur ini bersih dan hijau.
 



Post Date : 28 April 2008