Mahasiswa ITB Kampanye Antikantong Plastik

Sumber:Suara Pembaruan - 06 Februari 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta
[BANDUNG] Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) berkampanye antikantong plastik, mulai Selasa (5/2) hingga akhir pekan ini di sekitar kampus mereka. Kampanye yang dimeriahkan dengan serangkaian acara untuk menghimpun dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya penggunaan kantong plastik secara berlebihan.

Fokus kampanye ini adalah mereka yang masih berusia 15 hingga 25 tahun. "Kita mau fokus pada anak-anak muda, semoga ini bisa menjadi tren," kata Ketua Panitia Kampanye Anti Kantong Plastik, Cinta Azwiendasari di Bandung, Senin (4/2).

Alasannya, karena usia itu masih berbelanja dalam jumlah tidak terlalu banyak. Semoga bisa menjadi kebiasaan baru nantinya. Kalau yang tidak mengikuti dianggap tidak mengikuti tren.

Sampah plastik sendiri menjadi masalah yang cukup besar bagi lingkungan karena waktu penguraiannya yang mencapai sekitar 500 tahun. Cinta memperkirakan setiap tahunnya ada 500 juta hingga satu miliar kantong plastik dikonsumsi di seluruh dunia. "Ini berarti hampir mencapai satu juta plastik per menit."

Dalam kampanye yang berakhir Sabtu mendatang, panitia juga melibatkan sejumlah ahli dan aktivis lingkungan dari berbagai organisasi seperti WWF dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). "Ada juga sejumlah artis seperti Dewi Lestari dan d'Cinnamons." [153]



Post Date : 06 Februari 2008