Lurah Sukorejo Ajukan Bantuan Air ke PDAM

Sumber:Suara Merdeka - 14 Juli 2009
Kategori:Air Minum

GUNUNGPATI- Untuk meringankan beban warga Kampung Deliksari dan Kalialang Baru yang kesulitan mendapatkan air bersih, Lurah Sukorejo, Taat, kemarin, mengajukan permohonan bantuan air bersih  ke PDAM.

’’Saya tadi sudah ngebel  (menghubungi-Red) PDAM, meminta bantuan air bersih. Dan, rencananya akan segera dikirim,’’ ujar Taat, kepada Suara Merdeka, kemarin.

Sebagaimana diberitakan, memasuki musim kemarau, sekitar 447 keluarga Kampung Kalialang Baru, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati mulai kesulitan air bersih. Sebab, sumur warga mulai mengering dan air dari Sedang Gayam yang dialirkan ke kampung tersebut debitnya berkurang.

Taat mengatakan, upaya tersebut ditempuh karena beberapa warganya mulai kesulitan mendapatkan air bersih, di antaranya di wilayah RT 4, 5, 6, dan RT 7 Kampung Kalialang.

Mereka harus antre mendapatkan air yang dialirkan dari Sendang Gayam.  Kebutuhan air bersih setiap keluarga itu sekitar satu kubik. Adapun jumlah warga di Kampung Kalialang sekitar 400 keluarga dan Kampung Deliksari sekitar 150 keluarga.

’’Kami mengajukan bantuan secukupnya untuk warga Kampung Kalialang Baru dan Deliksari,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, bantuan air bersih itu biasanya disalurkan dengan menggunakan truk tangki. Airnya lalu dimasukkan ke dalam bak penampungan air yang tersedia di masing-masing RT untuk dibagi secara merata.

Ditanya soal jaringan PDAM yang baru saja dibangun, Lurah mengatakan, masyarakat yang ingin berlangganan harus mendaftar terlebih dahulu ke PDAM. Barulah, materannya disambung ke rumah warga. ’’Hal itu kan membutuhkan waktu. Dengan demikian, untuk sementara waktu, sebelum terpasang ke rumah warga, kami mengajukan bantuan air bersih menggunakan mobil tangki,’’ terangnya.

Untuk warga Deliksari, kata dia, belum dibangunkan jaringan pipa PDAM. Sebab, kalau dipasang pipa dikhawatirkan cepat putus karena tanahnya labil atau bergerak. Maka salah satu upaya untuk mengatasi kekeringan di daerah setempat dengan mengirimkan air bersih menggunakan mobil tangki.

’’Apabila warga Kampung Kalialang sudah bisa menikmati suplai air bersih dari PDAM maka ketersediaan air dari Sendang Gayam mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga Deliksari. Oleh karena itu, saya berharap pemasangan jaringan PDAM ke rumah-rumah itu dapat dipercepat.’’ ujarnya.(H3-41)



Post Date : 14 Juli 2009