Lokasi TPA Regional Ciangir Diminta Diruilslag

Sumber:Koran Tempo - 20 Juni 2011
Kategori:Sampah Jakarta

TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten Tangerang meminta pemerintah DKI Jakarta meruilslag atau menukar guling tanah lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Ciangir ke Jatiwaringin. "Banyak cara, dijual atau tukar guling," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Tangerang Akip Samsudin kemarin.

Tawaran ini diharapkan menjadi win-win solution untuk meredakan konflik terkait dengan rencana pembangunan pengelolaan sampah tersebut. Ia menegaskan, dalam rencana umum tata ruang wilayah Kabupaten Tangerang, Jatiwaringin memang dialokasikan sebagai lahan pengolahan sampah.

Pemerintah DKI, menurut Akip, justru diuntungkan dengan pemindahan ini. Pasalnya, DKI bisa mendapat lahan dua kali lebih luas ketimbang di Ciangir. "Harga tanah di Jatiwaringin jauh lebih murah dibanding Ciangir, yang kini telah diperuntukkan untuk kawasan permukiman," ujar Akip. Selain itu, pemerintah DKI tak perlu direpotkan oleh program sosialisasi kepada warga.

Dari sisi akses, menurut Akip, kawasan Jatiwaringin, yang berada di Kecamatan Mauk dan Kemiri, nantinya akan terkoneksi dengan pembangunan jalan tol Jakarta Outing Ring Road (JORR) II . "Pintu keluarnya di Teluk Naga," katanya. Dengan demikian, kata dia, proses pengangkutan sampah dari Jakarta ke Tangerang tidak perlu repot karena hanya berjarak beberapa meter. "Tangerang Utara berbatasan langsung dengan Jakarta Utara," tutur Akip.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebersihan Eko Bharuno menampung tawaran tersebut. Hanya, kata dia, karena lahan pemerintah DKI di Ciangir seluas 98 hektare menyangkut aset daerah, proses tukar guling harus melalui mekanisme. "Yang pasti, harus melalui persetujuan DPRD," katanya.

Pada prinsipnya, Eko melanjutkan, Jakarta mendukung program pemerintah pusat dalam menangani sampah di wilayah jakarta maupun daerah penyangga. TPST atau TPA Regional dirancang oleh Kementerian Pekerjaan Umum sebagai skenario persampahan Jabodetabek yang dibagi menjadi tiga zona pelayanan TPST Regional, yaitu Zona Timur TPST Bantar Gebang, Zona Barat TPST Ciangir atau Jatiwaringin, dan Zona Selatan TPST Nambo.JONIANSYAH



Post Date : 20 Juni 2011