Lokakarya Pengelolaan Air Bersih Dan Penyehatan Lingkungan Yang Berkelanjutan, Subang 6 Maret 2003

Pengarang:Kelompok Kerja ABPL Kab. Subang.
Penerbit:Subang, Kelompok ABPL, 2003
Tahun Terbit:2003
No. Klasifikasi:371. 37 KEL l
Kata Kunci:Lokakarya , ABPL, Subang
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding
Latar belakang pengalaman di Kabupaten Subang, banyak proyek top down tetapi kurang ada kerjasama lintas sektor (antar departemen). Kondisi ABPL mulai berubah, karena berkurangnya kemampuan finansial pemerintah, maka partisipasi masyarakat mulai dikembangkan, meskipun mulai ada swadaya masyarakat tetapi masih banyak yang pasif menunggu bantuan.

Tujuan lokakarya untuk mendapatkan masukan dari semua stakeholder mengenai arah kebijakan yang akan dibuat termasuk prinsip dan prioritas pembangunan AMPL serta menggalang kerjasama antar pelaku dalam mengembangkan kebijakan air bersih dan penyehatan lingkungan (ABPL) di Subang.

Proses lokakarya dimulai dari pembukaan, bina suasana dan perkenalan untuk menghilangkan kekakuan dan menciptakan suasana kondusif dan informal, presentasi kebijakan nasional, penyampaian hasil kunjungan lapangan, serta diskusi interaktif.

Output dari lokakarya ini adalah dipahaminya prinsip-prinsip kebijakan umum Nasional ABPL, disepakatinya prinsip-prinsip kebijakan umum dan upaya strategis dalam pengelolaan ABPL di kabupaten Subang, serta diperolehnya prioritas isu yang perlu ditangani dalam menuju visi Subang Sehat 2008 melalui penyediaan sarana ABPL.



Post Date : 22 September 2006