Lima Kecamatan Berhasil Terapkan Program WES

Sumber:Ujung Pandang Ekspres - 30 Oktober 2009
Kategori:Sampah Luar Jakarta

MAKASSAR, Upeks--Lima Kecamatan di Kota Makassar menerapkan program Water and Environmental Sanitation (WES). Program Kerjasama RI-Unicef itu dilaksanakan masing-masing di Kecamatan Makassar, Ujung Tanah, Tallo, Tamalate, dan Tamalanrea.

Wakil Walikota Makassar, Supomo Guntur, di Hotel Imperial Aryaduta, Rabu (28/10), mengatakan, program WES yang merupakan salah satu program kerjasama RI-Unicef itu yang berhasil berhasil dilaksanakan, melalui pengelolaan persampahan di tingkat rumah tangga.

"Kita sangat berterima kasih dengan adanya program WES yang sangat memberikan manfaat buat warga. Terkait masalah pengelolaan sampah yang menerapkan dilakukan dengan prinsip Reduce, Reuse, dan Recycle (3 R)," katanya.

Melalui pembinaan pemanfaatan daur ulang sampah yang dilaksanakan Unicef, masyarakat bisa merasakan manfaat. Selain masyarakat dapat menikmati lingkungan yang bersih, juga bisa memperoleh pendapatan dari hasil daur ulang sampah. Seperti pengolahan sampah plastik menjadi sebuat hasil kerajinan yang dapat meberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Program WES telah dapat dirasakan warga yang berada di Lima kecamatan yang saat ini menjadi lokasi penerapan program dari Unicef tersebut. Karena masyarakat yang berada di pemukiman itu tidak hanya bisa mendapatkan perbaikan sanitasi lingkungan. Tetapi, juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari daur ulang sampah yang dimanfaatkan menjadi sebuah produk hasil kerajinan, seperti tas dan lainnya yang dapat dipasarkan," jelasnya. (mg05/dul/C)



Post Date : 30 Oktober 2009