Lima Hari Kering, Minta Petugas Tanggap

Sumber:Pontianak Post - 24 Agustus 2005
Kategori:Air Minum
Singkawang,- Warga di daerah Jalan Pai Bakir, Kelurahan Pasiran kembali mengeluhkan soal distribusi PDAM. Air bersih di kawasan itu lagi-lagi macet sejak lima hari lalu. Warga pun setempat resah karena, stok air bersih semakin menyusut, bahkan kering.

Roy Sabri salah satu pemilik ruko mengatakan, kondisi seperti itu sudah berlangsung beberapa kali semenjak ia tinggal di kawasan itu. Kasusnya sama, tidak ngalir berhari-hari bahkan pernah kemarin sampai seminggu lamanya. "Hari Senin yang merupakan jadwal distribusi air secara maksimal di kawasan ini pun kemarin juga tidak ngalir. Disedot pun tidak ngalir-ngalir. Sementara di satu sisi, stok air bersih yang ada di rumah kami sangatlah minim. Jelas kami kebingungan menghadapi kondisi air bersih seperti ini,"kata Sabri yang diaminkan oleh tetangganya A Fung karena mengalami hal serupa.

Sabri mengaku tidak tahu persis kenapa di kawasan ini air bersihnya kerap tidak ngalir. Meskipun iuran bulanannya tidak pernah lewat disetor. Apakah ada kebocoran pada pipa yang menjadi sarana pendistribusian air menuju kawasannya atau tidak, PDAM-lah yang menjawabnya. Karena PDAM dalam hal ini yang lebih mengetahui secara teknis sumber penyebab dari persoalan ini. Sebagai konsumen PDAM di kawasan itu, ia hanya berharap pihak PDAM dapat mengecek langsung ke lapangan, apa sebenarnya sumber penyebab dari tidak ngalirnya air bersih di kawasan mereka. Jika terjadi kerusakan, ia mohon agar dapat segera diperbaiki. Sehingga mereka pun dapat kembali menikmati air bersih itu seperti semula dan tidak lagi merasa kesulitan untuk mencari air. PDAM kata dia harus memahami kondisi kebutuhan warga sekitar ruko Jalan Pai Bakir. Air bersih merupakan sumber kehidupan utama. Tidak saja diperlukan untuk konsumsi minum sehari-hari, tapi juga untuk keperluan rumah tangga. Karena memang, di rumahnya tidak ada sumber air alternatif yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Dia tidak menginginkan, kasus yang terjadi beberapa waktu lalu di kawasan itu terulang kembali. Dimana waktu itu pernah sampai seminggu tidak ngalir di kawasannya hingga mereka sekeluarga tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya secara normal. "Jadi sekali lagi kami mohon atas nama warga pemilik ruko di kawasan Jalan Pai Bakir ini untuk dapat menindaklanjuti permasalahan yang sedang kami hadapi saat ini. Sehingga kami bisa menggunakan air bersih PDAM ini sebagaimana mestinya seperti warga lain,"harapnya. Laporan Silvina, Singkawang

Post Date : 24 Agustus 2005