Life Must Go On: One Year After Tsunami in Aceh

Pengarang:Lutfi Rauf, dkk
Penerbit:Directorate General of Information and Public Diplomacy, Department of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia - Antara the Indonesian News Agency, December 2005, 121 hal
No. Klasifikasi:371.42 RAU l
Kata Kunci:disaster, recovery, tsunami hazard
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

Bencan alam gempa bumi yang disertai badai tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 telah meluluhlantakkan wilayah Aceh dan NIas, menelan ratusan ribu korban jiwa dan menghancurkan berbagai segi kehidupan masyarakat di kedua daerah tersebut. Peristiwa getir yang melanda Aceh dan Nias tersebut telah menyentuh rasa kemanusiaan masyarakat internasional, baik institusional maupun individual, yang secara spontan telah mengulurkan tangan untuk membantu, dan berbagai bentuk bantuan baik financial dan logistic maupun medis dan psikologis, telah mengalir ke Aceh sejak itu.

Berbagai laporan perkembangan tentang rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh dan Nias dalam bentuk naskah dan angka-angka telah banyak dibuat. Namun demikian, perkembangan pembangunan kembali Aceh tersebut tidak luput pula dari minat dan perhatian fotografer yang mengabadikannya dalam bentuk foto.

Buku kumpulan foto-foto (photo report) tentang rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh ini merupakan suatu bentuk laporan tersendiri, yang merupakan rekaman tahap-tahap pembangunan kembali Aceh dan upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh Pemerintah c.q. Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh yang divisualisasikan dalam kumpulan foto yang merupakan hasil karya foto jurnalistik. Pustaka ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang peristiwa yang terjadi dalam satu tahun terakhir di Aceh, dari bencana yang menghasilkan efek yang dahsyat dan perbaikan yang sedang dan terus dilakukan.

Daftar isi:

Foreword

Kata Pengantar

Directorat General of Information and Public Diplomacy

Departement of Foreign Affairs of The Republic of Indonesia

Asro Kamal Rokan (Antara The Indonesian National News Agency)

Bab I. Cleaning and Rebuilding/ Pembersihan dan Pembangunan Kembali

Bab II. Social and Economic Rehabilitation/ Rehabilitasi Sosial dan Ekonomi

Bab III. Building Path to Peace/ Meretas Jalan Damai

Bab IV. People to People/ Manusia untuk Manusia

Bab V. Thanks to the World/ Terima Kasih Dunia

Team Work



Post Date : 31 Agustus 2009