Lebihi Kapasitas,TPA Ngaglik Harus Direlokasi

Sumber:Koran Sindo - 09 Juli 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BATU(SINDO)KomisiCDPRD Kota Batu mendesak Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) segera membangun fasilitas tempat pembuangan sampah (TPA) di Dusun Sabrang Bendo, Desa Giripurno, Kec Bumiaji, sebagai pengganti TPA Ngaglik,Kel Ngaglik,Kec Batu, yang sudah melebihi kapasitas.

Sekretaris Komisi C DPRD Hariyono MC mengatakan,berdasarkan hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Komisi C, lahan TPA Ngaglik seluas 5 hektare itu kurang representatif karena lokasinya berdekatan dengan kawasan perhotelan, permukiman warga, dan hutan pinus yang dikelola Perhutani. Kondisi TPA Ngaglik sudah mengkhawatirkan. Saat musim kemarau, api dari pembakaran sampah pemulung sering menyambar kawasanhutanpinusdi sekitarnya,ujar dia,kemarin.

Dia menjelaskan,dari beberapa permasalahan itu,Komisi C mendesak Kepala DKP segera merelokasi TPA Ngaglik ke TPA Sambrang Bendo. Ya, untuk tahap awal TPA Sabrang Bendo bisa segera dimanfaatkan. Meski luasnya sebatas 2 hektare saja,kata Hariyono. Dia melanjutkan, sambil menunggu adanya pembebasan lahan baru untuk pengganti TPA Ngaglik,DKP bisa memaksimalkan TPA Tlekung yang selama ini hanya dipergunakan untuk membuang sampah dari pasar dan terminal Kota Batu.

Kepala DKP Kota Batu Wiwik Sukesih menjelaskan, pihaknya masih belum bisa memanfaatkan TPA Sambrang Bendo karena pembangunannya belum 100%. Kendala itu akibat minimnya anggaran di unit kerja DKP. Kami akan meminta bantuan kepada pemerintah pusat. Selanjutnya dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini,kami coba ajukan kekurangan anggarannya,ucapnya. (maman adi saputro)



Post Date : 09 Juli 2007