Lebaran, Produksi Sampah Naik 150 Persen

Sumber:Suara Merdeka - 06 Oktober 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
TEGAL - Produksi sampah di Kota Tegal selama Lebaran diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 150 persen. Hal itu terjadi, menyusul ribuan pemudik dari sejumlah kota besar yang pulang ke kampung halamannya di Kota Bahari. Ditambah, aktivitas para pemudik lain yang melalui wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perkotaan Pemkot Tegal Ir Sugeng Prihadi didampingi stafnya, Edy Sudirman mengatakan, banyaknya pemudik yang pulang kampung akan berpengaruh terhadap produksi sampah di wilayahnya. Dalam sehari, rata-rata produksi sampah di Kota Tegal mencapai 700 meter kubik. Namun, saat Lebaran diperkirakan akan naik 150 persen atau mencapai 1.050 meter kubik. ''Peningkatan ini kami prediksi akan terjadi mulai H-2 sampai H+5,'' katanya, kemarin.

Menurut dia, untuk mengatisipasi lonjakan produksi sampah saat Lebaran tersebut, pihaknya telah melakukan bebagai persiapan. Ratusan petugas kebersihan kini mulai disiagakan. Keberadaannya akan dioptimalkan selama Lebaran. Meski dinilai memberatkan, mereka nantinya akan berkeja lembur untuk tetap menjaga kebersihan kota. ''Karena itu, kami juga akan menyediakan honor ekstra bagi mereka,'' tandasnya.

Truk Pengangkut

Selain itu, lanjut Sugeng, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 19 truk pengangkut, dan beberapa alat berat yang berada di tempat pembuangan akhir sampah, di Kelurahan Muarareja. Sedangkan jumlah petugas yang disiagakan mencapai 234 personel, meliputi 137 orang petugas penyapu jalan, dan 97 orang petugas bongkar muat, serta sopir truk. ''Terkait masalah sampah ini, kami memang tidak akan menambah personel, tetapi cukup mengoptimalkan petugas yang ada,'' ujarnya.

Sugeng optimistis, upaya mengoptimalkan petugas dengan didukung armada kebersihan tersebut mampu mengatasi peningkatan produksi sampah yang akan terjadi selama Lebaran. ''Dalam hal ini, kami juga terus berupaya meningkatkan kesejahteraan mereka. Mengingat, jasa dan tugasnya sangat besar. Tidak bisa saya bayangkan, jika mereka libur satu hari. Kota Tegal akan terlihat kotor,'' sambungnya. (H38-15)



Post Date : 06 Oktober 2007