Lebaran, Air PDAM Lancar

Sumber:Kedaulatan Rakyat -22 Oktober 2005
Kategori:Air Minum
MAGELANG (KR) - Lebaran mendatang distribusi air ke rumah-rumah pelanggan di Kota Magelang normal, setelah pihak PDAM Kota Magelang mengoptimalkan fungsi beberapa pompanya. Demikian antara lain dikemukakan DS Suryadi SH, Direktur Utama PDAM Kota Magelang, kepada KR sehubungan aliran PAM yang sedikit mengalami kendala.

Direktur Teknik PDAM Kota Magelang Ir Edi Sucahyo menambahkan, ada 3 sumber mata air yang mengalami penurunan debitnya. Ketiga sumber tersebut adalah sumber air Kalimas Grabag, yang mengalami penurunan sekitar 15% dari 151 liter/detik menjadi 131 liter/detik. Juga sumber air Wulung Bandongan turun dari 55 liter/detik menjadi 45 liter/detik atau sekitar 20%, sumber Kalegen Bandongan mengalami penurunan hampir 40% dari 45 liter/detik menjadi 25 liter/detik. Total debit yang dimanfaatkan PDAM Kota Magelang dari 445 liter/detik turun 50 liter/detik, sehingga saat ini yang dimanfaatkan tinggal sekitar 395 liter/detik.

Daerah yang terpengaruh sekali oleh penurunan debit dari sumber Wulung dan Kalegen Bandongan ini adalah pelanggan yang ada di wilayah Kelurahan Magelang dan Kelurahan Potrobangsan, yakni dari daerah Meteseh hingga Nglarangan dengan jumlah pelanggan sekitar 3 ribu. Air tetap mengalir, hanya terjadi penurunan jam pelayanan. Biasanya 20-24 jam setiap harinya, kini turun menjadi sekitar 16-20 jam. Rata-rata pada malam hari, yakni sekitar pukul 17.00 hingga 24.00, air tidak mengalir. Menjelang makan sahur air sudah mengalir kembali hingga siang dan sore hari. Sedang pelanggan lain sudah terlayani dari sumber Kanoman dan Kalimas. Meski Kalimas juga mengalami penurunan debit, namun tidak begitu kentara dampaknya terhadap pelayanan ke rumah-rumah pelanggan.

Menjelang lebaran mendatang, kata Edi Sucahyo, operasional pompa akan lebih ditingkatkan, yakni pada 1-8 November 2005 mendatang. Pompa yang ada di sumber Tuk Pecah dan Kanoman ditingkatkan kapasitasnya. Kanoman 1 yang kapasitasnya 67,5 liter/detik ditingkatkan menjadi 75 liter/detik, Tuk pecah dari 66,5 liter/detik menjadi 100 liter/detik. Saat lebaran mendatang kapasitasnya seperti saat debit normal, yakni 445 liter per detik, katanya. Masyarakat juga diharapkan dapat menghemat air. Jumlah pelanggan PDAM Kota Magelang hingga saat ini sekitar 23 ribu pelanggan. (Tha)-k.

Post Date : 22 Oktober 2005