Layanan PDAM Belum Optimal

Sumber:Banjarmasin Post - 08 Mei 2006
Kategori:Air Minum
Kandangan, BPost Masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan belum seluruhnya dapat menikmati layanan air bersih. PDAM hingga kini baru bisa menyalurkan air bersih kepada sekitar 45 persen penduduknya.

Ada satu kecamatan yang belum tersentuh layanan PDAM sama sekali, yakni Kecamatan Loksado. Di tempat itu belum ada instalasi pengolahan air bersih, kata Direktur PDAM Kandangan, Murzakki Tairi SE MM didampingi Kabag Teknik HA Royani SSos, kemarin.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kecamatan Loksado, pemerintah menyediakan instalasi penyalur air bersih khusus bantuan dari Pemprop Kalsel yang pengelolaannya dilaksanakan oleh masyarakat sendiri.

"Sistem penyalurannya mengambil gravitasi mata air yang kemudian dialirkan ke rumah-rumah masyarakat," ujar Murzakki.

Murzakki mengakui, kemampuan PDAM Kandangan saat ini sangat tergantung akan sumber air baku di Sungai Amandit. Sumber mata airnya berfluktuasi, tergantung musim. Pada musim kemarau kualitas airnya bagus, namun saat musim hujan justru lebih rendah," terang Murzakki.

Hal itu terjadi karena pada saat hujan tingkat kekeruhan Sungai Amandit sebagai sumber air baku justru meninggi. Hal ini terjadi akibat adanya hutan gundul di daerah hulu sungai, sehingga air hujan yang turun langsung turun ke sungai sebagai daerah tangkapan air bersamaan dengan tanah dari hutan yang gundul tersebut.

Lebih lanjut Murzakki mengatakan, perkembangan jumlah pelanggan PDAM terus meningkat. Saat ini tercatat sebanyak 10.058 kepala keluarga, tiap tahunnya naik 300-500 pelanggan.

Untuk melayani pelanggan baru, PDAM Kandangan meluaskan jaringannya melalui pipanisasi. Program pengembangan ini terus digenjot agar air bersih bisa sampai ke pelosok desa.

Pemerintah pusat telah menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar lebih untuk pembangunan instalasi pengolahan air bersih di Kecamatan Telaga Langsat.

Dengan adanya IPA Telaga Langsat diharapkan dapat menyuplai seluruh daerah Telaga Langsat secara maksimal, kalau bisa hingga daerah Long Awang perbatasan HST. ary

Post Date : 08 Mei 2006