Lawan Racun Dengan Air

Sumber:Koran Tempo - 15 Desember 2005
Kategori:Air Minum
Dengarlah suara jernih Ruth Sahanaya. Siapa pun pasti mengaguminya. Penyanyi ini membuka rahasia tentang suaranya yang tetap bagus meski usianya sudah tak tergolong muda lagi. Ruth, 39 tahun, mengaku rutin minum air putih setiap hari. Manfaat yang saya rasakan, suara menjadi lebih jernih, badan sehat, dan hati lebih adem ayem, ujar Uthe, sapaan akrabnya. Dia pun menyebut produk air mineral asal Perancis, Evian, sebagai pilihannya.

Air putih terbukti banyak mengandung khasiat. Salah satunya adalah detoksifikasi alias membunuh racun dalam tubuh. Carmen Yulia, dokter atlet Pemusatan Latihan Nasional Indonesia, menyarankan agar meminum air putih sebanyak delapan gelas sehari. Ini adalah salah satu cara untuk melawan, membunuh, dan membuang racun dalam tubuh manusia. Menurut Carmen, manusia sering tidak sadar masuknya racun dalam tubuh melalui makanan, minuman, dan udara yang dihirup, termasuk obat-obatan yang dikonsumsi ketika sakit. Belum lagi lingkungan tempat tinggal, asap rokok, dan berbagai hal yang bisa membawa racun dalam tubuh.

Carmen mengingatkan, jika ingin tubuh befungsi optimal, salah satu unsur alam yang sangat baik untuk detoksifikasi adalah dengan air. Hanya, tak semua air putih dapat melakukan fungsi detoksifikasi secara maksimal, biasanya air yang mengandung mineral tinggi atau air yang bersumber dari pegunungan dan mengandung pasir alami yang terbentuk dari alam. Lewat pengalaman para atlet yang dibinanya, Carmen mengatakan bahwa meminum air putih sebanyak-banyaknya membawa pengaruh yang baik untuk stamina mereka di lapangan. Hasilnya, mereka bugar secara fisik dan psikis. Jadi itu penentu keberhasilan mereka, ujarnya.

Julia Artha Siregar, Marketing Representative Danone Imported Water Asia Indonesia, mengatakan, air merupakan elemen penting bagi tubuh manusia. Julia menuturkan, minum air murni sebanyak-banyaknya berarti telah melakukan detoksifikasi alami yang mudah diterapkan dan memberikan hasil terbaik bagi tubuh. Ia menunjuk fakta yang sudah teruji tentang air sebagai salah satu medium terbaik untuk menjaga tubuh serta pikiran manusia agar selalu dalam kondisi sehat, meski masih sedikit orang menyadari pentingnya minum air putih sebanyak-banyaknya.

Dari sisi kecantikan, Manajer Aphrodite Spa Martina Lauw mengatakan, detoksifikasi dengan air sangat efektif. Terapi kecantikan dan kesehatan di Aphrodite memang menggunakan bahan baku air Laut Mati di Sungai Yordania, Israel. Menurut Martina, sejak zaman Ratu Cleopatra detoksifikasi air sudah biasa digunakan untuk terapi kecantikan wajah, kemolekan tubuh, serta keindahan rambutnya. Khasiat air sungai yang berusia lebih dari 100 juta tahun itu, menurut Martina, manjur digunakan sebagai obat penyakit kulit.

Khasiat air putih juga dirasakan oleh Gde Prama, penulis buku laris soal pencerahan diri. Menurut Gde, detoksifikasi air tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi bagus untuk kesehatan jiwa. Minum air putih, akan menjernihkan pikiran, ketenangan jiwa, dan kesehatan batin,katanya. Apalagi, kata Gde, jika detoksifikasi air dicampur dengan meditasi dan upaya berpikir positif, hasilnya tentu akan menyeimbangkan jiwa. HADRIANI P

Post Date : 15 Desember 2005