Laporan Pelaksanaan Pelatihan Teknis Pro Air Tahun Anggaran 2007

Penerbit:Jakarta, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SKNV) Pembinaan dan Pengendalian Prasarana dan Sarana Dasar Perdesaan Ditjen Cipta Karya, Dep.PU, 2007
Tahun Terbit:Th. 2007
No. Klasifikasi:350. 007 6 SAT l
Kata Kunci:laporan pelatihan, Pro Air
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding
Melalui Proyek KFW – GTZ, pinjaman dari pemerintah Jerman, Pemerintah Indonesia telah memprogramkan bantuan untuk pengadaan Sarana Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan Permukiman Perdesaan untuk Propinsi Nusa Tenggara Timur. Tidak seperti proyek terdahulu, proyek KFW – GTZ saat ini lebih menekankan pada peran serta masyarakat (dari perencanaan sampai dengan pasca konstruksi), sehingga Pemerintah Kabupaten/Kota punya tanggung jawab yang semakin berat untuk membina dan membimbing masyarakat secara intensif.

Maksud dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan teknis dalam bidang air bersih serta untuk mendapatkan masukan dari peserta propinsi maupun kabupaten mengenai kesiapan dalam penerimaan proyek ini.

Pelatihan Teknis Pro Air dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 21 – 30 Mei 2007 dengan materi pengajaran di kelas serta materi praktek lapangan mengenai tema program Pro Air, air baku, serta sanitasi. Pelatihan dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Dinas PU Propinsi Jawa Timur, penyajian materi oleh penyaji/instruktur, diskusi dan tanya jawab, serta praktek lapangan sesuai dengan sarana dan prasarana air bersih yang akan dibangun.

Output dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan dan ketrampilan aparat/petugas pengelola proyek di masing-masing propinsi/kabupaten sehingga proyek di daerah dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Post Date : 12 November 2007