Laporan Lokakarya TKK Proyek CWSH (Bogor, 27 s.d 29 Agustus 2008)

Penerbit:Jakarta, Direktorat Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup, Ditjen Bina Pembangunan, Depdagri, 2008, ii + 20 hal + lamp
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:371.37 DIR l
Kata Kunci:laporan kegiatan, lokakarya TKK, CWSH, Bogor, tahun 2008
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Pelaksanaan proyek ini telah dimulai tahap persiapan di tahun 2004, loan agreement ditandatangani pada tahun 2005 sedangkan loan efektif di tahun 2006 dan masih ada permasalahan lainnya mengenai tidak perlu adanya Naskah Penerusan Hibah dan hasil terakhir telah keluarnya Loan amandement di bulan Juni 2008 yang isinya salah satunya mengenai dana pendamping dari pusat serta yang tidak kalah pentingnya filosofi proyek CWSH ini adalah desentralisasi, disepakati untuk tidak merubah waktu akhir proyek di tahun 2011. Tujuan proyek adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat miskin yang tinggal di perdesaan dan pinggiran kota dengan meningkatkan layanan air bersih.
  
Salah satu langkah percepatan pelaksanaan proyek ini adalah melalui Lokakarya TKK yang bertujuan mengevaluasi pelaksanaan proyek CWSH di daerah serta menentukan kesepakatan strategi percepatan pelaksanaan proyek dan juga untuk mengetahui sejauhmana progres dan strategi yang telah digunakan oleh daerah dalam rangka percepatan.
  
Pada lokakarya ini ada point yang penting yang perlu digarisbawahi yaitu proyek ini tidak hanya membangun infrastruktur saja, tapi yang menjadi komponen proyek penguatan kelembagaan, penguatan masyarakat, water supply and sanitation, perubahan perilaku serta manajemen dan koordinasi.
  
Dalam lokakarya dipresentasikan pelaksanaan kegiatan proyek CWSH serta permasalahan yang dihadapi oleh daerah dan dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang menghasilkan beberapa kegiatan hasil berupa Rencana tindak lanjut untuk perencanaan kegiatan di tahun 2009. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka akan direncanakan pertemuan perencanaan proyek.

Daftar Isi:

Kata Pengantar

Daftar Isi

Pengarahan Oleh Direktur Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup

Strategi Kesinambungan Pembangunan Sarana AMPL-BM oleh Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas

Kebijakan Pelaksanaan Pendanaan Proyek CWSH oleh Kasubdit Kesehatan Perorangan Bappenas

Percepatan Pelaksanaan Proyek CWSH oleh Direktur Penyehatan Lingkungan, Ditjen PP&PL, Depkes

Tanya Jawab Presentasi Progress

Kesimpulan Presentasi Progress

Presentasi Strategi Percepatan pada Komponen Capacity Building dan SHBC

Kesimpulan SHBC dan Capacity Building

Penjelasan Diskusi Kelompok

Kesimpulan dari Presentasi Diskusi Kelompok

Lampiran Presentasi
 



Post Date : 08 September 2008