Lapas Sibolga Butuh Sarana Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 22 Desember 2006
Kategori:Air Minum
SIBOLGA (SINDO) Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Sibolga Tapanuli Tengah (Tapteng) membutuhkan sarana air bersih untuk para penghuninya. Hal ini terjadi karena debit air sumur dan suplai air dari PDAM setempat mulai berkurang setiap harinya.

Banyak penghuni Lapas Sibolga saat ini terserang penyakit gatal-gatal karena penghuni tidak bisa dilakukan setiap saat, kata Kalapas Sibolga Heru Utomo di Sibolga, kemarin. Heru manambahkan, minimnya air bersih ini sudah terjadi sejak musim kemarau bulan Maret lalu. Namun, kekurangan air ini masih juga terjadi di saat musim penghujan seperti sekarang.

Saat ini lapas yang terletak di Jalan Tukka, Kecamatan Pandan ini memiliki tiga unit sumur bor dan satu lagi bersumber dari PDAM Tirta Nauli Sibolga. Ketiga sumber air ini digunakan untuk kebutuhan mandi, bersihkan kakus (WC), membersihkan areal lapas dan kebutuhan dapur sehari- hari. Bagaimana mau sehat, kalau air bersih saja sudah menjadi barang langka disini. Saya kasihan pada mereka, soalnya saya sendiri pun tidak tahan berlama-lama ketika memeriksa mereka. Aroma tidak sedap selalu berhembus, beber Heru.

Untuk mengantisipasi masalah ini sebenarnya pihak lapas sudah mengajukan proposal kepada dua kepala daerah Sibolga dan Tapteng untuk dapat membangun dua unit sumur bor dengan menggunakan tower (menara) air. Namun, sampai saat ini pengajuan tersebut belum juga terealisasi. Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kota Sibolga, Sahlul Umur Situmeang menuturkan, keinginan lapas untuk memenuhi kebutuhan air bersih di lapas bukannya tidak direspon.

Hanya saja, mengingat lapas adalah lembaga vertikal yang langsung dari pusat, pihaknya tidak bisa langsung menyetujui. Saya sendiri tidak pernah mengetahui lembaga tersebut melayangkan surat kepada kita. Seandainya ada, maka mau tak mau kan kita akan mempelajarinya dan selanjutnya membahasnya bersama eksekutif dan mudah-mudahan itu dapat kita kabulkan dengan memasukkannya keanggaran, tandasnya. (jonny simatupang)



Post Date : 22 Desember 2006