Lagi, Banjir Cileuncang Sergap Kota Bandung

Sumber:Pikiran Rakyat - 20 Desember 2006
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).-Hujan yang mengguyur Kota Bandung, Selasa (19/12), mengakibatkan beberapa ruas jalan kembali dilanda banjir cileuncang. Berdasarkan pemantauan "PR", banjir cileuncang di antaranya terjadi di pintu masuk Kompleks Perumahan Kurdi, Jln. Moh. Toha Bandung.

Saat hujan turun, air tidak bisa mengalir ke sungai kecil karena tersumbat sampah. Akibatnya, air hujan yang masuk ke sungai kecil itu meluap ke luar dan menggenangi badan jalan.

Ade, salah seorang warga menuturkan, hujan lebat di Jln. Moh. Toha tidak lama, hanya sekitar setengah jam. Namun, air hujan itu menggenangi badan jalan masuk Kompleks Kurdi dan sebagian badan Jln. Moh. Toha. Bahkan, ketinggian air saat hujan mencapai 15 cm. Akibatnya, mobil yang melintas di Jln. Moh. Toha sekitar Komplek Kurdi mengalami kemacetan karena laju kendaraan tertahaan genangan air.

Hingga hujan reda, genangan air tersebut belum juga surut. Masyarakat di sekitar lokasi dan tukang becak yang mangkal di daerah itu, ikut memperbaiki saluran yang tersumbat. Namun, ada sebagian dari mereka yang memanfaatkan kesempatan dengan mengatur lalu lintas kendaraan sambil meminta imbalan uang.

Genangan cileuncang juga terjadi di perempatan Jln. Moh. Toha dan Jln. Soekarno Hatta. Kendati genangan cukup tinggi, namun tidak lama karena jalan di perempatan tersebut turun, sehingga air cepat mengalir. Selain itu, genangan juga terjadi disebagian Jln. Buahbatu.

Tutup kontrol saluran air di tengah badan Jln. Ibu Inggit Garnasih meluap hingga seperti air mancur di tengah jalan. Menurut seorang tukang becak, Yayat (46), tutup kontrol yang terbuat dari besi baja itu selalu meluap jika turun hujan. "Sepertinya saluran airnya mampet, jadi meluap," ujarnya.

Sedangkan di Jln. Tamblong yang biasanya langganan cileuncang, hujan Selasa kemarin tidak terlihat adanya genangan air, karena drainase di sekitarnya sudah diperbaiki. Dengan demikian, air yang mengalir tidak tersumbat dan menggenangi jalan. Demikian pula di sekitar Jln. Suniaraja, genangan air juga sempat menghambat arus lalu lintas meskipun hanya sebentar.(A-113/A-156)



Post Date : 20 Desember 2006