Kumpulkan Sampah

Sumber:Banjarmasin Post - 16 Januari 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SISWA di SMAN 6 Banjarmasin langsung melakukan aksi bersih-bersih. Mereka ingin membuktikan bahwa karya tulis yang mereka paparkan di depan juri Toyota Eco Youth, memang bukan sekadar teori.

Kemarin, para siswa diwajibkan mengumpulkan sampah di lingkungan sekitar sekolah. Kemudian mereka diminta membedakan sampah yang dibuang tersebut menjadi dua bagian, yakni sampai organik dengan sampah anorganik.

Sampah organik yakni berupa daun-daunan yang sifatnya mudah hancur terkena alam atau dimakan bakteri, sedang anorganik yakni sampah yang yang tidak mudah hancur, seperti plastik dan yang lainnya.

Setelah bak sampah itu penuh, kemudian dibawa ke tempat penampungan khusus sampah. Sampah itu kemudian dihaluskan menggunakan parang (dicincang), dimasukkan ke dalam wadah khusus untuk pembuatan kompos padat.

Setelah dicincang kemudian disiram dengan larutan EM-4, kemudian dibikin padat secara berkala setiap hari sampai terjadi kompos padat.

Bukti nyata yang terlihat di sekolah itu, para siswa yang ikut lomba karya tulis dengan tema Manajemen Pengelolaan Sampah di SMAN 6 Banjarmasin membuat sebuah green house.

Di dalam green house itu, para siswa menaburkan benih sayur jenis bayam yang kini sudah tumbuh tinggi sekitar 4 sentimeter berusia 14 hari, dengan terlebih dulu ditaburi pupuk kompos yang telah mereka buat sendiri. Senin (14/1) kemarin, enam siswa SMAN 6 Banjarmasin sudah mempersentasikan karya tulis mereka.dua



Post Date : 16 Januari 2008