Kualitas Air PDAM tak Penuhi Syarat

Sumber:Bangka Pos - 01 Maret 2006
Kategori:Air Minum
PANGKALPINANG Kualitas air PDAM di tiga lokasi yakni PDAM Air Mangkol, PDAM Bacang dan PDAM Pedindang tidak memenuhi syarat. Hal tersebut sesuai dengan hasil laboratorium yang dilakukan Dinas Kesehatan Pangkalpinang dengan cara mengambil sampel di PDAM masing-masing.Hasil pemeriksaan kualitas air tersebut disesuaikan dengan Kepmenkes Nomor 907/Menkes/SK/VII/2002, 5 pemeriksaan fisik dan 13 pemeriksaan kimia.

Tidak hanya mengambil sampel pada air baku, namun Dinkes Pangkalpinang juga mengambil sampel pada air hasil olahan dan air yang dikonsumsi masyarakat.

Dari pemeriksaan ketiga PDAM tersebut yang paling dominan menunjukkan tidak memenuhi syarat diantaranya dari fisik yakni kekeruhan, warna sedangkan kimia yakni pH, Mangan, Bakteriologi, Nitrit sebagai NO2 dan Besi.

Standar dari Kepmenkes ditentukan untuk kekeruhan 5 Skala FTU, warna 15 Skala TCU, pH 6,5-8,5, Mangan 0,1 mg/l, Bakteriologi 0 jumlah per 100 ml sampel, Nitri sebagai NO2 3 mg/L dan Besi 0,3 mg/l.

Namun dari hasil lab baik fisik dan kimia yang diperiksa jumlahnya melebihi standar yang ditentukan. Hanya beberapa standar ini yang tidak memenuhi syarat sedangkan yang lainnya memenuhi syarat, ujar Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang dr Budiman melalui Kasi Penyehatan Kualitas Air dan Lingkungan Dinas Kesehatan Pangkalpinang selaku Ester J Lubis SKM, Sabtu (25/2).

Terutama untuk bakteriologi ini bisa menimbulkan penyakit dengan cepat, karena bakteri ini cepat menyerang sistem tubuh.

Upaya dari dari Dinkes Pangkalpinang memberikan saran perbaikan seperti untuk fisika seperti bau dan rasa, kekeruhan dan warna. Selain itu untuk bakteriologi serta kimia. Kepada masyarakat juga mengimbau dengan membuat contoh penyaringan air sederhana, ungkap Ester. (may)

Post Date : 01 Maret 2006