Kualitas Air Buruk, IPA Borang Direlokasi

Sumber:Koran Sindo - 03 April 2008
Kategori:Air Minum

PALEMBANG (SINDO) – Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang DR Syaiful DEA mengatakan, pengaliran instalasi pengolahan air (IPA) Borang yang selama 20 tahun mengambil air baku dari Sungai Borang kini direlokasi dengan mengambil air baku dari Sungai Musi di 1 Ilir.

Pasalnya, telah terjadi penurunan kualitas air baku di Sungai Borang dengan tingkat keasaman yang tinggi. ”Pada musim kemarau air sungai terintrusi air laut sehingga terasa asin.Untuk itulah kita relokasi,” imbuh dia di ruang kerjanya,Rabu (2/4) kemarin.

Untuk mewujudkan itu, pihak PDAM melakukan pemasangan pipa air baku 500 mm PVC sepanjang 9,018 km dengan dana sharing dengan pemerintah pusat melalui departemen pekerjaan umum. Dana optimalisasi tersebut senilai Rp32,5 miliar dengan rincian dari Departemen PU senilai Rp9,9 miliar, Pemkot melalui APBD Rp2,75 miliar dan dari PDAM sendiri senilai Rp20 miliar.

Dia menjelaskan, PDAM juga membangun unit koagulasi dan flokulasi di IPA Borang tersebut untuk mendapatkan proses pengolahan secara sempurna. Sehingga meningkatkan kualitas air produksi. ”Kita juga bangun gedung kantor unit pelayanan Sako Kenten dan Gedung Kantor unit pelayanan kalidoni,”ungkapnya.

Menurut dia,dengan pembangunan IPA Borang ini layanan cakupan PDAM mencapai dua kecamatan yakni Kec Sematang Borang dan Kec Sako Kenten. ”Dengan relokasi IPA Borang maka 14.000 pelanggan atau sambungan rumah (SR) dapat terpenuhi air bersih denganpeningkatan kapasitas dari 90 liter air/detik menjadi 290 liter air/detik,” jelasnya seraya menjelaskan jumlah pelanggan di kota Palembang hingga kini secara keseluruhan telah mencapai 120.000 SR.

Dia menuturkan, dengan direlokasinya IPA Borang maka suplai air di Sako dan Sematang borang dialiri dari Boster Kalidoni. Saat ini cakupan PDAM telah mencapai 70,38% dengan target hingga akhir 2008 mencapai 80%.

Untuk mengebut target dan peningkatan layanan hingga 100% maka PDAM akan memasang jaringan dan pemasangan boster di tiga kecamatan lagi yakni kecamatan Alang-alang lebar,Gandus dan Sukarame. Juga yang telah dilakukan pemasangan jaringan perpipaan transmisi dan distribusi sepanjang 894,5 Km dan penambahan 4 (empat) unit Booster Baru di Punti Kayu, Plaju,Kalidoni dan Kertapati selain 2 (dua) Booster yang ada sebelumnya di Km. 4 dan Kenten.

”Angka kebocoran air,pasangan ilegal air, kecurangan dan pemasangan/ penggantian meter air dapat kita tekan hingga 42,44% dari sebelumnya mencapai angka 60,94% tahun 2004 lalu melalui program sweeping,”imbuh dia. Peresmian pengoperasian optimalisasi kapasitas IPA Borang,akan diresmikan langsung Menteri PU Djoko Kirmanto hari ini,bertepatan dengan hari ulang tahun PDAM Tirta Musi ke-32.

”Pengaliran IPA Borang akan resmikitalakukanbesok (hari ini),3 April 2008,”terangnya. Sementara itu, Wali Kota Palembang,Eddy Santana Putra mengatakan dengan kondisi air tanah yang memadai,kota Palembang membutuhkan pengelolaan PDAM lebih baik lagi sehingga kehadirannya dibutuhkan masyarakat. (siera syailendra)



Post Date : 03 April 2008