Krisis Air Mengancam Lamongan

Sumber:Jawa Pos - 10 Oktober 2008
Kategori:Air Minum

LAMONGAN- Lamongan terancam mengalami krisis air. Indikasinya, dua sumber air sumber air besar yang sejak 20 tahun lalu menjadi andalan warga Kota Soto tersebut saat ini kondisinya nyaris mengering. Kedua sumber air tersebut masing-masing di Desa/Kecamatan Mantup dan Desa Puncakwangi Kecamatan Babat.

''Mengeringnya dua sumber air tersebut merupakan peringatan alam, kalau tidak diantisipasi sejak sekarang, Lamongan ke depan berpeluang mengalami krisis air,'' kata anggota FPAN DPRD Lamongan, Sonhaji Zainudin kepada Radar Bojonegoro, kemarin.

Menurut anggota komisi C DPRD Lamongan itu, sumber air di Puncakwangi pernah dikenal sebagai obyek wisata air sendang Puncakwangi. Sedangkan sumber air di Mantup malah pernah menjadi satu-satunya sumber air PDAM Lamongan. ''Saat ini sumber air Puncakwangi sudah mengering dan di Mantup debit airnya mengecil, untuk memenuhi kebutuhan air warga satu desa saja mulai kesulitan,'' paparnya.

Sonhaji mengungkapkan, sumber air yang tergolong besar di Lamongan saat ini semakin langka. Antara lain tinggal sumbe air di Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang dan Solokuro. ''Kalau sumber-sumber air yang masih ada tersebut ikut mengering, krisis air semakin cepat melanda Lamongan. Apalagi kebutuhan air ke depan akan semakin besar seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, namun jumlah sumber air semakin berkurang,'' tandasnya.

Terkait mengeringnya sumber-sumber air tersebut Sonhaji mengaku belum tahu pasti penyebabnya. Diduga kasus tersebut akibat banyaknya penambangan bukit di sekitar lokasi sumber air tersebut. Penambangan itu dipakai untuk tanah uruk maupun pabrik. ''Apakah karena itu, saya belum tahu pasti,'' ujarnya.

Sonhaji mengungkapkan, di Lamongan sebenarnya sudah ada beberapa perda yang mengatur soal pelestarian lingkungan. Karena itu, pihaknya berharap Pemkab Lamongan melakukan tindakan proaktif yang nyata untuk menyelamatkan sumber-sumber air yang ada. ''Jangan menunggu setelah terjadi krisis air baru melakukan tindakan. Sebab penyediaan air bersih bagi masyarakat merupakan tanggungjawab pemerintah,'' tandasnya.(feb)



Post Date : 10 Oktober 2008