Krisis Air Landa 32.349 Jiwa

Sumber:Koran Sindo - 25 Oktober 2007
Kategori:Air Minum
TEGAL(SINDO) Wilayah Jateng pada Oktober ini mulai hujan.Namun di Kota Tegal justru terjadi krisis air bersih. Saat ini sekitar 32.349 jiwa penduduk kesulitan air untuk konsumsi.

Krisis air di Kota Bahari ini menurut warga telah berlangsung sekitar empat bulan terakhir. Sekitar tiga bulan lalu, Pemkot Tegal melalui Kesbanglinmas bahkan telah meminta bantuan alokasi air kepada Bakorlin III Purwokerto. Namun, dropping air tidak kunjung diberikan. Padahal masyarakat membutuhkan sekali.Sekarang, warga memang bisa memenuhi kebutuhannya tetapi mereka harus beli air setiap hari, jelas Kepala Kesbanglinmas Kota Tegal, Sugeng Suwaryo, kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Dia mengatakan, krisis air yang terjadi di wilayah Tegal saat ini meluas di sembilan kecamatan dari empat kecamatan yang ada.Warga kini sulit mendapatkan air bersih karena sumber air mulai kekeringan. Di sebagian wilayah, meski sumur berair namun rasanya asin akibat interusi air laut yang masuk ke areal pemukiman warga.

Dari 32.349 jiwa yang mengalami krisis air bersih diperkirakan membutuhkan bantuan sebanyak 130 tangki air, lanjutnya. Berdasarkan pantauan, krisis air terkonsentrasi di wilayah Kec Tegal Barat dengan empat kelurahan yang kesulitan memperoleh air baku untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berikutnya, di Kec Tegal Timur dengan dua kelurahan yang mengalami kasus serupa.Saat ini memang sudah mulai turun hujan.Tetapi jumlahnya belum mencukupi, ujarnya.

Karenanya, kata dia, pihaknya kemarin telah melayangkan surat permohonan bantuan air kembali ke Bakorlin III Purwokerto. Diharapkan bantuan segera dikucurkan sebelum musim penghujan.Alasannya,agar warga terutama dari keluarga tidak mampu bisa mendapatkan bantuan dan keringanan. Secara terpisah,Kepala Kantor Informasi dan Humas Pemkot Tegal Khaerul Huda mengatakan pihaknya bisa memaklumi apabila saat ini Bakorlin III Purwokerto belum memberikan dropping air. Mungkin pertimbangan mereka setelah melihat kondisi Tegal tidak separah daerah lainnya sehingga bantuan belum terealisir, terangnya,kemarin. (untungsubejo)



Post Date : 25 Oktober 2007