Krisis Air Harus Segera Diatasi

Sumber:Koran Sindo - 06 September 2012
Kategori:Air Minum
CIMAHI —Krisis air yang terjadi di sebagian wilayah Kota Cimahi saat ini menunjukkan Pemkot Cimahi masih lemah dalam mengantisipasi ancaman dampak kemarau.
 
Padahal, krisis air hampir terjadisetiaptahundiKotaCimahi, ketika memasuki musim kemarau. Oleh karena itu,DPRD meminta Pemkot mengevaluasi menyeluruh program penanggulangan krisis air bersih. Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi Ike Hikmawati mengatakan, Pemkot wajib memenuhi ketersediaan air bersih bagi warga.Krisisairbersihyangterus terulang setiap tahun menjadi bukti ketidakmampuan Pemkot dalam memenuhi kebutuhan dasar warganya. 
 
“Diperlukan evaluasi menyeluruh terhadap program yang dijalankan SOPD (satuan operasional perangkat daerah) terkait. Selama ini, program yang mereka susun belum optimal sehingga krisis air bersih selalu terulang setiap tahunnya,”tutur Ike di kawasan Jalan Kamarung, Kota Cimahi,kemarin. Tanpa menafikan program penyediaan air bersih yang dilakukan Pemkot, Ike menilai langkah itu belum menyelesaikan persoalan air bersih yang menjadi pekerjaan rumah (PR) terbesar sejak Kota Cimahi berdiri, lebih dari 11 tahun yang lalu. Ike mencontohkan, embung-embungatau kolam penampung air dan sumur artesis yang dibangun Pemkot tak memecahkan masalah krisis air bersih di Kota Cimahi. 
 
“Semua akibat perencanaan program yang belum matang, namun tetap dipaksakan. Alhasil, apa yang mereka bangun, tak ada yang betul-betul bisa digunakan,”ungkapnya. Agar krisis air bersih tak terulang, instani terkait wajib melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program penanganan krisis air,mulai dari pendataan, perencanaan, hingga penganggarannya secara lebih matang. Ike juga meminta Pemkot membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang dalam menangani persoalan air bersih dan menambah cadangan dana taktis bagi penanganan bencana yangdinilainya kinimasihsangat minim.
 
“Penyelesaian persoalan air bersih tak bisa dilakukan secara temporary,namunharustuntas dengan program kerja yang lebih terencana dan matang,” tuturnya. Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Raharja Dadang Supriyadi menyarankan Pemkot membuka diri terhadap peluang bantuan dana pemerintah pusat untuk program penyediaan air bersih. Menurut Dadang,banyak peluang yang bisa diupayakan Pemkot Cimahi untuk mengatasi persoalan air bersih.
 
“Kami bersedia memberikan pendampingan, jikapeluangtersebutbisadimanfaatkan Pemkot, tentu akan banyak membantu dalam mengatasi persoalan air bersih di Kota Cimahi,”katanya. agung bakti sarasa


Post Date : 06 September 2012