Krisis Air Bersih-Penampungan Air Dibangun

Sumber:Koran Sindo - 27 Juli 2012
Kategori:Air Minum
GARUT – Pemkab Garut segera membangun tempat penampungan air di wilayah krisis air bersih. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Zatzat Munazat menjelaskan,pembangunan tempat penampungan air tersebut merupakan tindak lanjut dari program pipanisasi yang masih dalam tahap perencanaan. 
 
“Program pipanisasi adalah rencana jangka panjang. Jadi, tidak dapat direalisasikan dalam waktu cepat.Sebagai antisipasi sementara,kami bangun tempat penampungan di daerah yang sudah menjadi langganan krisis air bersih saat kekeringan. Sekarang ini kebutuhannya mendesak ,”katanya kepada SINDO,kemarin. Proses pengerjaan pembangunan tempat penampungan air sendiri setidaknya akan dilakukan oleh pihak Dinas SumberDaya AirdanPertambangan (SDAP) Kabupaten Garut. 
 
Sementara pengisian air dilakukan PDAM Tirta Intan Garut. Camat Cibatu U Haerudin menyebutkan, tiga desa dari total 11 desa yang ada di Kecamatan Cibatu mengalami krisis air bersih yang sangat parah. Tiga desa tersebut adalah Desa Kertajaya, Desa Sindangsuka, dan Desa Cibunar. “Yang paling segera memerlukan air ada di tiga desa itu.Mata airnya sudah mengalami penyusutan,” katanya. fani ferdiansyah


Post Date : 27 Juli 2012