Krisis Air Bersih Meluas

Sumber:Koran Sindo - 07 Oktober 2009
Kategori:Air Minum

MADIUN (SI) – Krisis air bersih yang melanda wilayah Kabupaten Madiun semakin meluas. Sedikitnya ada empat wilayah kecamatan yang mengalami krisis air bersih yakni Kecamatan Wonoasri, Kare, Wungu,Gemarang,dan Saradan.

Krisis air bersih paling parah terjadi di Desa Sidomulyo,Jatirejo, Wonoasri, dan Plumpungrejo,Kecamatan Wonoasri. Untuk mendapatkan air bersih, warga harus menunggu dan mengantre kiriman air bersih dari truk tangki PDAM Kabupaten Madiun. Kemarin sejak pukul 07.00 WIB warga di Desa Sidomulyo sudah menaruh bak dan timba berjejer di depan rumah masing-masing.Karena tak ada air bersih, warga pun tak dapat memasak air untuk minum, memasak nasi dan sayur, mandi, dan mencuci. Menurut Kaniyem, 56, warga Desa Sidomulyo,sumur gali dan sungai yang ada di desa saat ini sudah mengering.

Sementara untuk mengambil air dari desa lain harus menempuh jarak 3–5 kilometer. ”Saat ini warga hanya mengandalkan kiriman air bersih dari truk tangki PDAM.Kalau tidak dikirim, maka kami tidak bisa minum dan memasak,”ujarnya. Kondisi yang sama juga dirasakan oleh Sutini, 42, warga Desa Plumpungrejo.Dia mengaku air di sumur gali di samping rumahnya sudah mengering.Padahal,kedalaman sumur tersebut 100 meter. ”Untuk sekadar minum saja sekarang kami kelimpungan.Apalagi untuk mandi atau mencuci.Cari air bersih sulit sekali,”ujarnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB tiga truk tangki berisi air bersih masuk ke Desa Sidomulyo dan Plumpungrejo. Masing-masing truk berisi 4.000 liter air bersih. Secara bergiliran petugas PDAM mengisi ember, bak,dan timba yang berjajar di depan rumah warga. Menurut Bagian Perencanaan PDAM Kabupaten Madiun Lardi, pengiriman air bersih ini bakal dilakukan setiap hari hingga musim penghujan tiba. Bahkan, kata dia, pada Sabtu dan Minggu pengiriman air bersih tetap dilakukan.”Pengiriman air bersih sesuai kebutuhan dan permintaan warga desa.

Yang pasti,ada 3 armada truk tangki yang siap mengirim air bersih ke warga,” ujarnya. Dia mengatakan,meskipun beradadidekatlokasi WadukDawuhan, beberapa desa yakni Desa Sidomulyo, Plumpungrejo,Jatirejo,dan Wonoasri termasuk daerah merah, yaknidaerahyangsumberairnya minim dan resapan airnya rendah.”Jadi, hampir setiap tahun pada selalu terjadi krisis air bersih,”ujarnya. (muhammad roqib)



Post Date : 07 Oktober 2009