Krisis Air Bersih juga Landa Kabupaten Madiun

Sumber:Koran Sindo - 26 Agustus 2008
Kategori:Air Minum

MADIUN (SINDO) – Kekeringan yang melanda Kabupaten Madiun meluas. Akibatnya, warga yang mengalami krisis air bersih kian bertambah. 

Setelah warga Desa Simo,Kecamatan Balerejo, kini giliran warga Desa Karangsemi,Kecamatan Wungu.Di desa tersebut banyak warganya terpaksa menggunakanairseadanya untuk kebutuhan sehari-hari. Warga Desa Karangsemim Suminah pada Senin (25/8) mengatakan,guna memenuhi kebutuhan air, saat ini pihaknya dan warga lain hanya mengandalkan sebuah kolam yang berada di pinggir desa, itu pun airnya mulai keruh.

”Walaupun airnya keruh, setiap hari banyak warga sini yang antre. Pasalnya, sudah tidak ada lagi sumber air yang bisa diandalkan. Air yang kami ambil di sini selain untuk mencuci, juga digunakan untuk memasak, ”katanya lirih. Menurut dia, krisis air bersih telah terjadi selama dua bulan terakhir.

Biasanya pada saat musim kemarau panjang seperti saat ini masyarakat bisa memanfaatkan air bersih dari PDAM.Namun, sejak satu tahun terakhir aliran air dari PDAM telah berhenti. Kekurangan air bersih juga dirasakan oleh warga masyarakat yang saat ini menggelar hajatan. Pasalnya, untuk memenuhi kebutuhan air bersih harus membeli dengan menggunakan mobil tangki.

”Setiap satu tangki berisi 5.000 liter, saya harus mengeluarkan sedikitnya Rp200.000.Itu pun kami lakukan beberapa kali. Sebetulnya sangat berat,namun mau gimana lagi,” kata Saiman, warga Desa Karangsemi, Kecamatan Wungu, yang baru saja mempunyai hajat. Kemarau yang terjadi saat ini selain mengakibatkan masyarakat kekurangan air bersih, juga mengakibatkan lahan pertanian kering.

Selain itu, mengakibatkan sumur bor di Desa Karangsemi,Kecamatan Wungu, yang dibuat oleh pemerintah juga macet. Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Madiun Subari mengatakan, Pemerintah Kabupaten Madiun seharusnya tanggap dengan kondisi masyarakat saat ini.

Pemerintah seharusnya dengan cepat memasok kebutuhan air bersih bagi warganya. ”Air bersih saat ini menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Jadi,pemerintah harus secepatnya memberikan bantuan, ”katanya saat dikonfirmasi. (ant)



Post Date : 26 Agustus 2008