Kota Penyangga Juga Banjir

Sumber:Koran Sindo - 02 Februari 2008
Kategori:Banjir di Jakarta
BEKASI(SINDO) Banjir melanda kota penyangga Jakarta seperti Depok,Bekasi,dan Tangerang. Selain merendam sejumlah kawasan, banjir juga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Di Bekasi, hujan deras mengakibatkan sejumlah perumahan terendam dengan ketinggian air mencapai 50100 cm. Berdasarkan pengamatan SINDO di lapangan, sejumlah perumahan yang terkena banjir adalah Perumnas III dan Perumahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.Banjir juga melanda Perumahan IKIP dan Perumahan Jati Bening Permai di Kecamatan Pondok Gede, serta Perumahan Griya Jatisari dan Perumahan Harapan Baru di Kecamatan Bekasi Barat.

Kasi Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Kota Bekasi Bachtiar Sady mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima laporan adanya perumahan yang terendam banjir. Saya tahu di beberapa perumahan sudah ada yang banjir, tapi kami tidak punya data karena tidak ada laporan dari pihak kelurahan dan kecamatan setempat, kata Bachtiar Sady,kemarin .

Meski demikian,Dinas Sosial telah menyiapkan bantuan logistik berupa mi instan, sarden, minyak goreng, dan selimut bagi warga yang membutuhkan bantuan tersebut. Di Tangerang, genangan air dan banjir terjadi di Kelurahan Sudimara Jaya, Perumahan Griya Kencana II, Perumahan Ciledug Indah I dan II, Perumahan Pinang Griya,Kompleks Kehutanan, dan Kompleks Keuangan.

Banjir terparah terjadi di Kelurahan Sudimara Jaya.Di tempat tersebut, sedikitnya 350 rumah terendam hingga ketinggian 70 cm. Banjir ini terjadi di empat RW akibat meluapnya Kali Ciledug.

Banjir yang cukup parah terjadi pada Februari dan Desember 2007.Pada saat itu, banjir nyaris menenggelamkan rumah mereka, ujar Sumantri, warga Sudimara Jaya. Selain mengenangi rumah warga, hujan juga mengenangi Jalan Ciledug Raya hingga mencapai 50100 cm. Jalan di kawasan Karang Tengah juga digenangi air hingga 2030 cm.

Sementara di Jalan H Mencong,Cileduk, genangan air setinggi lutut orang dewasa. Sementara di Kota Depok, daerah langganan banjir seperti Jalan Margonda Raya tergenang air hingga ketinggian 20 cm.Banjir ini sempat menimbulkan kemacetan mulai dari Terminal Depok hingga SPBU dekat kampus Universitas Gunadarma menuju arah Jakarta (sekitar 1 km). (wahab firmansyah/sazili mustofa/m yamin)



Post Date : 02 Februari 2008