Korsel Bantu Penyediaan Air Bersih di Aceh

Sumber:Kompas - 10 September 2009
Kategori:Air Minum

Banda Aceh, Kompas - Pemerintah Korea Selatan melalui konsorsium Samsung CNT memberikan bantuan dana dan peralatan penyediaan air bersih bagi masyarakat Aceh. Pembangunan fasilitas air bersih yang akan dilakukan dalam dua tahap ini akan berjalan pada awal tahun 2010.

Wakil Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Muhammad Nazar, seusai penandatanganan kerja sama dengan Asisten Manajer Divisi Listrik Samsung CNT Steven Kim di Banda Aceh, Rabu (9/9), mengatakan, penandatanganan kerja sama ini dilakukan setelah pihaknya melakukan beberapa kali kunjungan ke Korea Selatan (Korsel) beberapa waktu lalu. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan sebelumnya di Korsel.

Nazar mengatakan, pembangunan instalasi air bersih ini merupakan bagian dari kerja sama Pemerintah Korsel pada proyek East Asia Climate Change Partnership dengan negara-negara di kawasan Asia. Pemerintah Korsel, tutur Nazar, menyediakan dana sekitar 200 juta dollar Amerika Serikat untuk proyek ini. Untuk wilayah Indonesia, saat ini yang baru mendapatkan bantuan dana dari program tersebut adalah Provinsi NAD.

”Untuk tahap pertama, bantuan pembangunan instalasi air bersih itu sekitar tiga juta dollar AS. Bantuan akan bertambah pada tahun berikutnya ketika pembangunan memasuki tahap ke- dua,” tutur Nazar.

Kim Hak Jun, Direktur Vogo Mining, mengatakan, teknologi pembangunan instalasi air bersih ini menggunakan panel-panel surya sebagai pembangkit tenaga listriknya. (MHD)



Post Date : 10 September 2009