Korban Banjir Masih Perlu Bantuan

Sumber:Kompas - 21 September 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Palembang, Kompas - Korban banjir bandang di Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, yang rumahnya hancur perlu bantuan tempat tinggal atau tenda. Saat ini warga yang rumahnya hancur terlunta-lunta karena menumpang di rumah tetangga atau rumah kerabat mereka.

Pengamatan Kompas di lokasi, Kamis (20/9), warga masih membiarkan rumah yang roboh atau rusak berat begitu saja. Belum ada upaya mengumpulkan puing atau mendirikan tenda di lokasi rumah yang roboh. Warga yang rumahnya masih utuh sibuk membersihkan rumahnya dari lumpur dan mengeringkan barang-barang yang terendam.

Warga Desa Talang Pipa, Kecamatan Talang Ubi, Sunarti mengatakan, untuk sementara menumpang di rumah anaknya. Rumah Sunarti sudah hancur diterjang banjir, puing-puing rumahnya terseret sejauh 25 meter dari lokasi semula.

"Saya tidak punya biaya sedikit pun untuk membangun rumah. Apalagi saya janda yang menanggung hidup anak dan orangtua saya," kata Sunarti sambil meneteskan air mata.

Arpan, warga Desa Talang Pipa yang rumahnya juga roboh, merasa tidak mampu membangun rumah baru tanpa bantuan. Meskipun rumah Arpan tidak terseret banjir, tetapi air telah menghanyutkan harta benda milik keluarga Arpan, seperti pakaian dan ijazah anaknya.

"Saya bekerja sebagai tukang ojek dengan penghasilan Rp 20.000 sampai Rp 30.000 sehari, belum dipotong ongkos sewa motor Rp 15.000 per hari. Sedangkan satu anak saya masih sekolah di SMA yang membutuhkan banyak biaya. Kalau bisa kami minta bantuan untuk mendirikan rumah," kata Arpan. (WAD)



Post Date : 21 September 2007