Kontainer Sampah Disiapkan

Sumber:Koran Sindo - 22 September 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
PRABUMULIH (SINDO) Pemerintah Kota Prabumulih telah mempersiapkan sebanyak 8 kontiner sampah dalam rangka mengatasi permasalahan sampah yang menumpuk di berbagai wilayah Kota Prabumulih.

Untuk 2007 ini, kita sudah mengadakan sebanyak 8 kontainer tempat sampah dari fiber glass untuk ditempatkan di berbagai wilayah yang sampahnya menumpuk,kata Kepala Kantor Kebersihan dan pertaman kota Prabumulih Azuan,kemarin. Dia mengemukakan, lokasi untuk penempatan tempat sampah tersebut akan disurvei terlebih dahulu.

Sehingga dalam penempatan kontiner tersebut dapat berguna dalam mengatasi persoalan sampah itu. Menurut dia,untuk mengurangi persoalan sampah, harus peran aktif dari masyarakat dalam membuang sampah dari rumah penduduk jangan sembarangan. Karena akibat sampah akan bertebaran di mana-mana. Persoalan sampah itu seringkali dikeluhkan masyarakat.

Kita berharap dengan adanya sejumlah penampungan sampah itu, secara berlahan akan menanggulangi sampah menumpuk, sehingga dapat wujudkan Prabumulih kota bersih, harap Azuan. Dia mengatakan, dalam melakukan penanggulangan sampah tersebut harus digunakan tempat sampah yang cukup memadai sehingga daya tahannya cukup lama. Kita akab bertahap dalam menyediakan kontainer sampah itu, katanya yang mengaku pihaknya akan terus berusaha akan mengatasi persoalan sampah ini.

Selain itu, dia mengakui, pihaknya berencana memperluas tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang terletak di Desa Sungai Medang Kecamatan Cambai. Hal tersebut sudah dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Pembangunan Daerah (APBD). TPA yang ada sekarang luasnya sekitar 3,5 hektare. Kita akan tambah 3,5 hektare lagi luas lahannya, katanya.

Dihubungi terpisah,anggota DPRD Kota Prabumulih HM Jinal mengatakan,Pemkot dalam hal ini kepala kebersihan harus pro aktif dalam mengatasi dan menyikapi persoalan sampah yang ada di Kota Prabumulih.

Sebab peredaran sampah di Prabumulih ini mencapai ratusan kubik per hari.Jadi kalau tidak kita antisipasi dari sekarang, maka akan menumpuk, kata anggota DPRD dari Golkar ini. Dia menegaskan, masalah sampah tersebut merupakan cerminan suatu daerah atau kota dalam menjaga kebersihan kota. Alhamdulillah, kalau pemkot sudah sediakan tempat sampah, setidaknya akan mengurakan sampah yang berserakan,katanya. (sutami ismail)



Post Date : 22 September 2007