Konservasi Air Perlu Dilakukan

Sumber:Kompas - 20 Maret 2007
Kategori:Air Minum
Jakarta, Kompas - Mengingat lingkungan hidup di sekitar kita telah kian rusak, upaya-upaya yang terkait dengan pelestarian lingkungan dan konservasi air perlu dilakukan.

Upaya inilah yang sedang digiatkan perusahaan Coca-Cola Indonesia bekerja sama dengan USAID di Bumi Perkemahan dan Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (18/3), dalam rangka menyambut Hari Air Sedunia, 22 Maret 2007.

Siswa dari empat sekolah menengah atas (SMA) di kawasan Bekasi, SMA Negeri 2, SMAN 6, SMA YPI, dan SMA Al-Azhar 4 Kemang Pratama dilibatkan dalam aktivitas konservasi air.

Sejumlah warga Kampung Wangkal dan murid SDN Sukadanau, Bekasi, pun turut terlibat dalam peringatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan mengajak siswa SMA bermain sambil belajar tentang air dengan mengamati ekosistem di sekitar Danau Cibubur.

Koordinator acara, Triyono Prijosoesilo, mengatakan, dengan aktivitas ini diharapkan para siswa SMA itu mendapat gambaran tentang pentingnya pohon dalam proses resapan dan tangkapan air.

Bersama para pakar, mereka dilibatkan dalam sebuah diskusi ringan tentang peran penting air dalam kehidupan sehari-hari serta kaitan air dengan lahan kritis, bencana, dan usaha penanggulangannya.

Pengelolaan sumber air

Sesuai dengan tema Hari Air Sedunia 2007 "Coping with Water Scarcity", melalui kegiatan ini ditekankan pentingnya kerja sama dari semua pihak dalam pengelolaan sumber air dan usaha konservasi air.

USAID/Spesialis Lingkungan dan Ai, Suzanne Billharz, menyatakan, air adalah bagian utama dari kehidupan kita.

Kita memerlukannya tidak hanya untuk minum dan mencuci, tetapi juga untuk menanam bahan pangan kita.

Air yang bersih dan aman sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Dengan bertambahnya jumlah penduduk, tingginya tingkat polusi, berkurangnya luas hutan, dan tererosinya daerah aliran sungai, kita harus bersama menghadapi tantangan global ini dengan memelihara dan menjaga persediaan sumber air bersih.

Bibit pohon

Para peserta kemudian mengajak masyarakat umum untuk lebih peduli terhadap air dan konservasi lingkungan hidup dengan cara membagikan bibit pohon kepada para pengemudi yang lewat pintu tol Cibubur dan sekitarnya.

Jumlah bibit yang akan dibagikan seluruhnya 2.007 bibit, 500 di antara dibagikan pada hari Minggu kemarin.

Sisa bibit akan diserahkan kepada beberapa sekolah dan pengelola area rehabilitasi lahan kritis dan area hulu sungai. (LOK)



Post Date : 20 Maret 2007