Kondisi Ciliwung Memprihatinkan

Sumber:Suara Pembaruan - 13 Juli 2009
Kategori:Sampah Jakarta

[JAKARTA] Ratusan relawan Generasi Betawi Asli dan Serumpun (Gibass) melakukan aksi membersihkan Sungai Ciliwung dengan memungut sampah di sepanjang bantaran sungai, Minggu (12/7) pagi. Kegiatan itu untuk memperbaiki kondisi dan kualitas air Sungai Ciliwung yang semakinmengkhawatirkan.

Acara bertema Grebek Kampung Betawi itu dimulai dari sekitar bantaran Sungai Ciliwung di RW 2 Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dan berakhir di sekitar RW 4, Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Menurut Ketua Umum Gibass Rozali Yunus, saat ini kondisi Sungai Ciliwung semakin mengkhawatirkan. Pencemaran sampah dan limbah rumah tangga serta pabrik sudah jauh di ambang batas. Bila kondisi itu terus dibiarkan, dalam 5-6 tahun mendatang dipastikan Sungai Ciliwung akan menjadi sungai mati yang sama sekali tidak akan ada kehidupan di dalamnya.

"Butuh kesadaran bersama mengembalikan kondisi Sungai Ciliwung," kata Rozali ketika ditemui SP di lokasi.

Dia menambahkan, untuk menarik minat masyarakat sekitar agar ikut dalam aksi bersih sungai, pihaknya juga mengemas kegiatan yang berlangsung satu hari penuh ini ke dalam lomba. Setiap kelompok peserta yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak akan ditimbang oleh relawan dan diberikan hadiah.

Dalam kegiatan yang didukung Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Karang Taruna Lenteng Agung itu juga merupakan kelanjutan dari kampanye setop buang sampah di sungai yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo beberapa waktu lalu.

Menurut Rozali, ke depan, Gibass akan membentuk sebuah tim yang khusus mengawasi pengelolaan sampah dan limbah masyarakat di Sungai Ciliwung. Tim yang akan diberi nama Jawara Ciliwung itu, anggotanya terdiri dari masyarakat sekitar. Mereka setiap minggu akan bertugas menyisir dan membersihkan sampah di sepanjang Sungai Ciliwung yang melewati Kelurahan Srengseng Sawah dan Lenteng Agung.

Di tempat yang sama, Lurah Lenteng Agung Bonang Irawan dalam kesempatan itu juga berharap agar kegiatan positif tersebut diikuti warga lainnya agar kondisi Sungai Ciliwung dapat kembali bersih. [YRS/Y-4]



Post Date : 13 Juli 2009