Kisah Sukses Sanimas Di Indonesia

Pengarang:Gressiadi & Suhaeniti
Penerbit:Departemen Pekerjaan Umum & BORDA, 2009, 152 hal
No. Klasifikasi:363.72 GRE k
Kata Kunci:kisah sukses, SANIMAS – Sanitasi berbasis masyarakat
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

SANIMAS merupakan suatu pendekatan dalam penyediaan prasarana dan sarana air limbah permukiman bagi masyarakat berpenghasilan rendah di lingkungan padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi di perkotaan. Dalam pelaksanaannya, SANIMAS mengedepankan proses pemberdayaan masyarakat, yaitu melibatkan masyarakat secara penuh dalam setiap tahapannya dengan pendekatan tanggap kebutuhan (demand responsive approach).
  
SANIMAS diperkenalkan oleh BORDA (Bremen Overseas Research and Development Association) sejak tahun 2003 dengan pilot project di propinsi Bali, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur (sebanyak 25 lokasi) yang dilaksanakan sejak tahun 2003 hingga 2005. Melihat contoh-contoh tersebut (fasilitas yang dibangun sampai saat ini masih berfungsi dan terpelihara dengan baik), maka sejak tahun 2006 Departemen Pekerjaan Umum melalui Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Ditjen Cipta Karya telah melaksanakan replikasi kegiatan SANIMAS, yang hingga saat ini SANIMAS sudah dilaksanakan di lebih dari 400 lokasi yang tersebar di hampir seluruh propinsi di Indonesia.
  
Buku ini menyajikan pelaksanaan SANIMAS di beberapa lokasi yang dinilai cukup berhasil ditinjau dari beberapa aspek, sehingga diharapkan dapat mendorong dan mengingatkan para stakeholder untuk dapat bertindak secara tepat untuk memperbaiki kondisi sanitasi agar dapat membawa kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik.

Daftar Isi:

Bab I. Sekilas Perjalanan Sanimas

Bab II. Kisah Sukses Sanimas

Bab III. Pembelajaran dari Sanimas

Bab IV. Lampiran



Post Date : 04 November 2009