Kiriman Air Bersih Hanya Cukup untuk Masak

Sumber:Suara Merdeka - 17 Juli 2006
Kategori:Air Minum
PURWOKERTO - Bantuan air bersih untuk warga Desa Nusadadi, Kecamatan Kemrajen dan Desa Plangkapan, Kecamatan Tambak pada musim kemarau ini sementara masih mencukupi. Bak-bak penampungan air yang disediakan Pemkab ataupun milik warga, sudah dipenuhi air bersih.

Pengiriman bantuan air bersih untuk kedua kalinya ke desa itu dilaksanakan selama delapan hari berturut-turut dan terakhir Jumat (14/7) lalu. Setiap hari dikirim dua tangki masing-masing berkapasitas 4.000 liter yang didistribusikan untuk warga di kedua desa yang berbatasan.

''Sampai akhir pekan kemarin untuk Nusadadi dan Plangkapan, Pemkab telah mengirim 16 tangki air bersih. Karena pada pekan lalu gerimis turun, persediaan air bertambah. Bantuan air bersih sementara dirasa telah mencukupi,'' jelas Kepala Bagian Kesra Taefur Arofat, kemarin.

Di Desa Nusadadi, kiriman air bersih didistribusikan untuk warga Grumbul Kalisetra, Kedungsampang dan Nusadadi, sedangkan untuk Desa Plangkapan hanya digunakan untuk satu grumbul, yaitu Plangkapan yang wilayahnya berbatasan dengan Nusadadi.

Menurut Rusmini (30), warga Nusadadi, air bersih tersebut cukup membantu warga. Air bersih yang dikirim dengan tangki tersebut oleh warga hanya dipakai untuk memasak.

Saat mobil tangki air bersih datang di titik yang telah ditentukan, warga yang membawa ember atau jerigen mengantre untuk mendapatkan jatah. Selain ember atau jerigen, air bersih itu juga mengisi bak-bak penampungan air yang telah disediakan Pemkab di desa itu untuk persediaan.

''Air bersih yang dikirim dengan tangki hanya untuk masak. Untuk mandi tetap dengan air dari sungai atau sumur yang kotor dan rasanya asin. Agar tak gatal, air yang kotor dan asin itu disaring atau dimasukkan ke tandon dulu sebelum dipakai untuk mandi,'' ungkapnya.

Dia berharap bantuan air bersih tersebut bisa dikirim lagi pada saat warga sangat membutuhkan. Sebab, bak penampungan air yang sekarang telah terisi dalam beberapa hari sudah kosong lagi.

Taefur mengemukakan, Pemkab pada prinsipnya siap untuk mengirim bantuan air bersih manakala ada permohonan bantuan. ''Pemkab akan mengirimkan bantuannya kepada warga yang membutuhkan. Dana untuk bantuan kekeringan telah dianggarkan melalui dana pos tak tersangka. Namun sebelum mengirim, harus dikoordinasikan dengan pihak desa agar tepat sasaran,'' jelasnya. (G23-55n)

Post Date : 17 Juli 2006