Ketika Warga Mengeluhkan Air PDAM yang Kotor dan Bau

Sumber:Jawa Pos - 20 Juli 2010
Kategori:Air Minum

Warga Purwodadi yang tinggal di Jalan Tendean dan Perumahan Sambak Indah, mengeluhkan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Grobogan. Keluhan ini tidak terlepas dari seringnya air mengendapkan kotoran dan bahkan berbau.

Keluhan diungkapkan salah satu warga di Jalan Tendean yang enggan menyebutkan namanya. Dia mengatakan, beberapa hari ini air PDAM sering terlihat kotor, dan ada endapan kotoran. ''Sepertinya dari hari ke hari, kualitas air PDAM semakin buruk. Padahal sebelumnya PDAM berjanji meningkatkan kualitas air agar bersih ke masyarakat,'' kata warga tersebut.

Selain warga di Jalan Tendean, keluhan dilontarkan Imran, 33, warga di Perumahan Sambak Indah, yang menganggap PDAM gagal dalam mengemban amanah masyarakat sebagai pendistribusi air bersih.

''Saat ini air PDAM hanya digunakan untuk mandi, bukan untuk mencuci pakaian, apalagi dikonsumsi. Air yang saya terima tetap saja kotor dan tidak layak dikonsumsi karena berbau,'' ujarnya.

PDAM dipimpin langsung Direktur PDAM, Mulyadi langsung terjun memeriksa lokasi warga yang mengeluh. Di Jalan Tendean mereka memeriksa satu persatu air yang dialirkan ke permukiman warga. Setelah dicek pihaknya menemukan air normal. ''Saat kami periksa, ternyata apa yang dikeluhkan warga tidak terbukti. Air yang mengalir layak untuk dikonsumsi dan untuk kegiatan lainnya,'' terang Mulyadi.

Pihaknya mengaku hanya mengambil sample di setiap lokasi di Jalan Tendean dan Diponegoro. Untuk di Perumahan Sambak Indah belum dilakukan pengecekkan. Sebab pihaknya belum tahu lokasi jelasnya.

Setelah melakukan pengecekan dan pengambilan sample, PDAM meminta warga untuk menandatangani pernyataan apa yang sebenarnya terjadi. "Ketika kami meminta mereka menandatangani pernyataan air yang mengalir di rumah pelanggan tersebut bersih, namun mereka semua tidak mau,'' ujar Mulyadi.

Menurutnya, air kotor tersebut diakibatkan kran atau pipa jarang digunakan. saat tidak dipakai biasanya terjadi endapan. Jadi saat instalasi difungsikan endapan ikut mengalir dan hasilnya air bisa berwarna coklat. (mg7/joe)



Post Date : 20 Juli 2010